Makanan Pemicu Sakit Kepala

Doktersehat.com – Sakit kepala biasanya muncul bersamaan ketika Anda terserang flu. Namun, ternyata salah makan pun dapat menyebabkan kepala Anda menjadi pusing. Berikut makanan dan minuman yang dapat memicu sakit di kepala Anda.



1. Minuman alkohol

Kandungan sulfida dalam red wine menjadi salah satu penyebab migrain. Minuman beralkohol juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta memicu terjadinya dehidrasi. Kedua hal ini dapat memicu sakit kepala.

2. Kopi

Kafein yang berlebihan juga dapat menimbulkan rasa sakit di kepala Anda. Konsumsilah kopi secara bijak agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

3. Keju

Tyramine merupakan enzim yang terbentuk dari proses fregmentasi. Kandungan asam amino inilah yang meningkatkan tekanan darah tinggi dan memicu sakit kepala. Semakin lama masa fregmentasi, maka semakin banyak kandungan tyramine pada keju.

4. Es krim

Makanan dingin juga dapat menyebabkan sakit kepala. Perubahan secara tiba-tiba pada aliran darah di otak akibat suhu dingin dapat mematikan saraf tertentu yang berfungsi mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepala.

5. Coklat

Coklat mengandung theobromine dan phenylethylamine yang dapat mengakibatkan pelebaran pembuluh darah sehingga Anda bisa merasa pusing setelah mengonsumsinya.

6. Pisang

Kulit pisang mengandung tyramine yang dapat memicu sakit di kepala. Oleh sebab itu, bersihkan seluruh serat yang menempel pada buah pisang sebelum memakannya.

7. MSG

Senyawa kimia dalam makanan, seperti MSG, pewarna, memanis, nitrat dan zat adiktif lainnya patut dihindari. Semua zat aditif tersebut berpotensi memeicu rasa nyeri di kepala bahkan diare. Selain itu, kurangi makanan yang diawetkan atau diasinkan, seperti sup kalengan, buah-buahan kering, dan juga selai.

Sumber: ghiboo.com