Makanan Pemicu Perut Kembung

DokterSehat.Com– Perjalanan jauh dengan menggunakan mobil ataupun pesawat terbang kadang membuat perut kembung dan mual. Rasa mual dan kembung saat berada di dalam mobil bisa jadi akibat dari makanan yang Anda konsumsi.

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Seperti yang dikutip dalam Boldsky, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya rasa kembung dan mual:

1. Keju
Keju merupakan makanan tinggi kalsium dan memiliki cita rasa yang sangat menggoda. Tapi, sebaiknya hindari mengonsumsi keju saat akan bepergian jauh. Keju dapat mengeluarkan gas yang membuat lambung jadi sulit mencerna sehingga prut terasa penuh dan tidak nyaman.

2. Camilan yang digoreng
Saat berpergian jangan konsumsi camilan yang digoreng sebab jenis makanan ini juga sulit dicerna.

3. Soda
Perjalanan liburan memang lebih menyegarkan bila ditemani dengan minuman bersoda. Tapi, mengonsumsi minuman berkarbonasi ini malah akan mengakibatkan masalah lambung, kembung, dan bau mulut.

4. Permen karet
Untuk mengembalikan mood saat dalam perjalanan biasanya orang memilih untuk mengunyah permen karet. Namun kenyataannya permen karet justru menyebabkan perut menjadi tambah kembung karena banyak udara yang masuk lewat mulut saat sedang mengunyah permen karet.

5. Makanan pedas
Makanan pedas terlalu berat untuk perut Anda. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan perut Anda mulas. Hal ini tentu saja dapat mengganggu perjalanan Anda.

6. Mie
Mie atau pasta merupakan makanan berbahan dasar tepung yang sulit dicerna sehingga dapat mengakibatkan perut kembung.