Makanan Pemicu Maag

Doktersehat.com –  Penyakit maag sering menyebabkan perut menjadi perih, mual, kembung, dan seperti ditusuk-tusuk di bagian lambung dan ulu hati. Ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda.



Ada beberapa faktor pemicu kambuhnya gangguan lambung, antara lain makanan yang dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan, pola makan tidak teratur, kurang tidur, stres, dan mengonsumsi alkohol. Supaya maag tidak mudah kambuh sebaiknya hindari makanan berikut ini:

1. Sayur dan Buah yang Menghasilkan Gas

Setelah dikonsumsi ada beberapa sayur dan buah yang dapat menghasilkan gas seperti, kol, sawi, kacang-kacangan, pisang ambon, kedondong, nangka, dan buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda dan alkohol dapat mengakibatkan rasa penuh di perut akibat gas yang dihasilkan.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas yang dicampur cabai atau merica dapat memicu kambuhnya maag.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Beberapa makanan tertentu dapat menjadi pencetus asam lambung yang akhirnya dapat membuat nyeri dan kambuhnya maag. Penderita maag sebaiknya menghindari kopi, susu full cream, cuka, serta buah atau jus buah yang asam.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Beberapa makanan sumber karbohidrat juga dapat memicu kambuhnya maag. Makanan seperti mie, ketan, bihun, ubi, talas, jagung, dan singkong tidak baik untuk lambung penderita maag.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Makanan yang berkadar lemak tinggi, keju, cokelat, dan cake dengan krim merupakan beberapa jenis makanan yang sulit dicerna lambung.

Sumber: vemale.com