Makanan Pemicu Kanker Serviks yang Harus Dihindari

DokterSehat.Com – Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan sulit disembuhkan. Karena itu, penyakit kanker serviks menjadi satu jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi sebagian perempuan. Kanker serviks menyerang bagian organ reproduksi kaum perempuan, tepatnya pada daerah leher rahim. Kanker ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Namun, tidak menutup kemungkinan kanker serviks ini diakibatkan dari pola makan yang salah. Karena itu, Anda harus memerhatikan beberapa jenis makanan yang patut dihindari karena dianggap sebagai pemicu timbulnya sel kanker serviks.

10

Beberapa jenis makanan tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Makanan dengan kandungan alkohol
    Makanan pemicu kanker serviks lainnya adalah makanan yang mengandung alkohol. Pada dasarnya alkohol tidak baik untuk tubuh Anda. Selain itu, dengan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, dapat memicu timbulnya sel kanker di dalam mulut rahim. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung alkohol, seperti cake yang mengandung alkohol atau tape. Sekali-sekali mungkin tidak apa-apa, tapi jangan sampai Anda berlebihan dalam mengkonsumsinya.
  1. Makanan dengan zat kimia
    Sulit menemukan makanan dan minuman yang bebas dari zat kimia saat ini. Sebagian besar makanan dan minuman yang beredar paling tidak memiliki satu jenis zat kimia yang terkandung di dalamnya, seperti pemanis buatan, pewarna buatan hingga zat pengawet. Padahal  makanan dengan kandungan zat kimia ini dapat menjadi pemicu kanker serviks. Untuk menghindari terlalu banyaknya zat kimia yang mengkontaminasi tubuh sehingga menjadi pemicu kanker serviks, sebaiknya Anda memasak sendiri makanan yang akan Anda makan.
  1. Makanan berlemak
    Hati-hati dengan makanan berlemak! karena merupakan salah satu jenis makanan pemicu kanker serviks. Wanita yang benyak mengkonsumsi makanan berlemak jauh lebih berpotensi terkena kanker serviks dibandingkan wanita yang lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Hal ini dapat terjadi karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen, sementara kondisi rahim yang terlalu sering terpapar oleh hormon estrogen dapat memicu timbulnya sel kanker. Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyebabkan kegemukan. Bila tidak diimbangi dengan banyak bergerak dan juga banyak berolahraga, maka potensi timbulnya sel kanker akan semakin besar. Jadi mulai sekarang, sebaiknya kurangi dan jauhi konsumsi makanan berlemak. Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta selalu berolahraga paling tidak selama 30 menit selama setiap hari.