Makanan Pembersih Racun Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Dalam beberapa waktu, tubuh perlu dibersihkan dari racun-racun yang biasanya berasal dari makanan berkolesterol tinggi, atau makanan/minuman lain yang mungkin mengandung zat berbahaya. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki fungsi detoksifikasi.



Berikut adalah makanan-makanan yang bisa membersihkan racun didalam tubuh :

  1. Kunyit
    Kunyit mengandung curcumin yang berfungsi sebagai anti radang dan melawan infeksi. Dikutip dari Glamour Magazine, dua kemampuan curcumin ini membantu menyingkirkan kuman dan bakteri jahat, serta mempercepat pengeluaran toksin dari tubuh. Kunyit bisa diolah menjadi bumbu berbagai masakan, seperti kari dan sup ayam asam kuning. Sajikan bersama nasi merah agar detoksifikasi lebih maksimal.
  1. Sawi hijau
    Sawi kaya akan vitamin, mineral, serat dan anti-oksidan. Sayuran renyah ini juga mengandung kalsium dan asam lemak omega-3. Dilansir oleh iVillage, mengonsumsi satu mangkuk sawi setiap hari akan membantu detoksifikasi tubuh, mencegah kanker, penyakit jantung dan gangguan kesehatan serius lainnya. Ada banyak cara untuk mengolahnya; dijadikan sup, tumis atau cukup direbus.
  1. Mangga
    Cukup makan satu cangkir mangga per hari, dan Anda sudah memenuhi 80% kecukupan vitamin C, 25% vitamin A, 7% potassium dan 3 gram serat. Selain itu, buah tropis ini juga mengandung phenol yang memiliki kemampuan menyembuhkan serta anti-oksidan. Selain dimakan utuh, mangga juga bisa dikombinasikan dengan yoghurt, es batu dan madu untuk menghasilkan smoothie lezat dan sehat.
  1. Air kelapa hijau
    Seperti dikutip dari Times of India, air kelapa bisa mendetoks tubuh secara natural dengan membersihkan saluran pencernaan. Air kelapa mampu melawan kuman, virus dan bakteri. Minum air kelapa secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencukupi asupan cairan dalam tubuh.
  1. Jus jeruk
    Jeruk merupakan sumber utama vitamin C, yang dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk juga kaya akan flavonoid, antioksidan penting yang melindungi sistem imun manusia dengan cara melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  1. Air putih
    Menurut pakar nutrisi Dr. Poonam Rathod, air putih yang berkualitas bisa membersihkan sistem pencernaan. Air putih bekerja menghilangkan racun dan ampas makanan yang mungkin masih tersisa dan menumpuk dalam usus. Minum sedikitnya dua gelas air putih setiap pagi, setelah bangun tidur.
  1. Salmon
    Empat ons salmon bisa memenuhi kecukupan asam lemak omega-3 setiap hari. Nutrisi ini membantu kurangi peradangan pada tubuh, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Salmon juga mengandung vitamin D dan berbagai mineral penting.