Hindari! Ini 3 Makanan yang Paling Merusak Otak

DokterSehat.Com– Kita tentu ingin agar kesehatan otak, sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, selalu terjaga kesehatannya ya. Salah satu cara yang terbukti dapat memengaruhi kesehatan otak adalah pemilihan makanan.

Pemilihan makanan dengan gizi yang tepat untuk kesehatan otak tentu akan membuat fungsi otak optimal, sebaliknya kebiasaan makan buruk, yang mengandung berbagai zat yang berbahaya untuk otak tentu akan mengganggu dan merusak funsgi otak.

Untuk itu, kita perlu mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari karena kandungan zat di dalamnya tidak menyehatkan otak, yaitu:

1. Makanan yang mengandung banyak lemak trans, yaitu makanan kemasan dan makanan cepat saji

Kita tentu tahu bahwa lemak trans merupakan salah satu jenis lemak yang paling berbahaya karena lebih banyak meningkatkan kadar kolesterol jahat bahkan jika dibandingkan dengan lemak jenuh.

Ternyata lemak trans tidak hanya memengaruhi kadar kolesterol jahat saja namun juga terbukti mampu merusak otak.

Suatu studi menyebutkan bahwa lemak trans yang ada pada makanan kemasan akan melalui proses hidrogenasi atau penambahan hidrogen yang membuatnya menjadi berbahaya untuk otak.

Selain itu makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi lazimnya akan melalui proses pemanasan suhu tinggi yang membuat penyerapan minyak pada makanan menjadi semakin banyak.

Makanan dengan kandungan lemak trans tinggi yang harus kita hindari diantaranya adalah keripik kemasan, makanan ringan kemasan dan makanan cepat saji.

2. Makanan dengan kandungan high fructose corn syrup, yaitu makanan kemasan yang rasanya manis

High fructose corn syrup adalah gula buatan dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Konsumsi high fructose corn syrup pernah diuji cobakan pada tikus dan terbukti merusak fungsi dan kemampuan otak.

Asupan high fructose corn syrup secara tersu menerus telah terbukti mampu menurunkan kemampuan otak dalam mempelajari dan mengingat sesuatu.

Selain itu pula, asupan high fructose corn syrup yang berlebihan akan merusak fungsi otak dalam mengatur penyerapan gula darah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga sensitifitas insulin dapat terganggu.

Dampak yang akan dirasakan tubuh dengan adanya asupan high fructose corn syrup yang berlebihan dan terus menerus akan membuat otak kesulita dalam berpikir dan meningkatkan risiko diabetes.

Makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan high fructose corn syrup adalah minuman bersoda, makanan yang diproses misalnya makanan kemasan yang tinggi gula, serta saus kemasan.

3. Makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, yaitu makanan protein hewani berlemak

Meskipun tidak lebih berbahaya dari lemak trans, namun lemak jenuh tetao memiliki risiko merusak kesehatan otak, lho. Ya, lemak jenuh tidak hanya mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh namun juga berisiko merusak otak dan DNA.

Hal ini disebabkan kandungan kolesterol yang tinggi dari konsumsi lemak jenuh berisiko memicu tubuh mengalami stress oksidatif sehingga berisiko menganggu kesehatan otak dan meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang banyak memiliki kandungan lemak jenuh adalah makanan hewani yang banyak mengandung lemak, misalnya pada daging merah yang banyak terdapat garis putih berlemak , pada bagian kulit daging unggas serta olahan berbahan dasar protein hewani yaitu mentega.

Ketiga makanan di atas sebaiknya kita batasi dan semakin menghindari konsumsinya. Mengganti pilihan makanan yaitu dengan mengonsumsi makanan segar, baik makanan utama, camilan dan saus serta mengurangi konsumsi bagian berlemak pada daging tentu bisa dengan mudah Anda lakukan, ‘kan?