Makanan Pahit Ternyata Menyehatkan Saluran Pencernaan dan Hati

DokterSehat.Com – Jika disodori makanan manis dan makanan pahit, kita tentu akan lebih memilih makanan manis yang lebih nikmat untuk dikonsumsi. Padahal menurut pakar kesehatan, makanan yang pahit bisa memberikan manfaat kesehatan jauh lebih baik bagi kesehatan. Namun, tentu saja tidak semua makanan pahit itu menyehatkan, beberapa jenis sayuran yang memiliki rasa pahit layaknya pare-lah yang diyakini sangat baik untuk kesehatan. Seperti apakah manfaat kesehatan dari makanan pahit ini?

doktersehat-pare-sayur

Pakar kesehatan dan nutrisi dari Universitas Nottingham bernama dr. Duarne Mellor menyebutkan bahwa di dalam makanan pahit, terdapat senyawa yang mampu memberikan dukungan bagi sistem pertahanan tubuh sekaligus meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Tak hanya itu, makanan dengan rasa pahit ternyata bisa menambah jumlah enzim di dalam tubuh yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari berbagai zat berbahaya yang bisa memicu penyakit. Tak hanya itu, rasa pahit saat kita mengunyah makanan ini bisa merangsang reseptor pada lidah yang akan dianggap otak sebagai sinyal untuk menambah produksi enzim yang mendukung proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Pakar nutrisi lainnya bernama Guido Mase menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat yang pahit, organ hati atau liver akan mendapatkan keuntungan kesehatan. Makanan pahit ini ternyata mampu menstimulasi hati untuk memproduksi cairan empedu lebih baik sehingga proses pencernaan pun bisa menjadi lebih optimal. Tak hanya itu, rasa pahit juga bisa membantu proses detoksifikasi pada hati yang tentu akan membuat tubuh kita jauh lebih bersih dari berbagai zat-zat berbahaya.

Beberapa sayuran hijau yang pahit layaknya pare sangatlah disarankan untuk rutin dikonsumsi. Selain itu, beberapa makanan lain yang dianggap sehat layaknya minyak zaitun, cokelat hitam, atau bahkan teh hijau yang meskipun tidak pahit, ada baiknya kerap kita konsumsi demi kesehatan tubuh kita.