Super Padat Gizi, 4 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Berpuasa

doktersehat-makanan-padat-gizi-bumil-puasa

DokterSehat.Com– Berpuasa saat hamil berarti harus memberikan perhatian ekstra dalam pemenuhan kebutuhan gizi ibu ya. Salah satu tantangan terbesar dalam menjalani puasa pada kondisi hamil adalah terbatasnya waktu makan. Untuk itu pemilihan makanan bagi ibu hamil yang berpuasa sebaiknya adalah makanan yang padat gizi.

Makanan padat gizi akan sangat membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian ibu hamil.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat dinobatkan menjadi makanan padat gizi untuk ibu hamil karena telah terbukti merupakan jenis makanan yang mengandung lebih dari satu jenis zat gizi penting bagi ibu hamil.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja sih makanan padat gizi yang wajib dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa:

1. Ikan

Ikan laut memiliki kandungan omega 3 dan iodium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak janin. Berbagai pedoman menganjurkan agar kita mengonsumsi ikan paling tidak 2-3 kali dalam seminggu, pada ibu hamil jumlah porsinya dapat ditingkatkan menjadi dua hari sekali.

Selain itu, ikan teri juga disebutkan dalam Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu hamil sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan kalsium tambahan harian ibu hamil. Ikan teri yang dikonsumsi ibu hamil sebanyak 3-4 sendok makan terbukti memiliki kandungan kalsium yang sama dengan segelas susu sapi segar.

Perhatikan cara dalam mengolah ikan untuk ibu hamil saat berpuasa ya, pastikan ikan diolah dengan metode rendah lemak agar lemak yang masuk dalam tubuh ibu adalah lemak alami dari ikan.

2. Kacang kedelai

Kacang yang satu ini termasuk cukup mudah diperoleh, ya. Kacang kedelai segar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa karena mengandung dua jenis zat gizi super penting untuk ibu hamil yaitu kalsium dan asam folat yang cukup tinggi.

Kacang kedelai yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil sebaiknya kacang kedelai segar dalam bentuk utuh.

Kacang kedelai sebanyak 8-10 sendok makan bisa dipilih ibu hamil sebagai variasi camilan setelah ibadah salat tarawih atau sebelum makan utama saat sahur.

3. Telur ayam

Makanan protein hewani yang satu ini tentu juga cukup banyak diolah untuk makanan sehari-hari. Pun sama dengan kondisi ibu hamil yang berpuasa karena telur memiliki kandungan zat besi dan zink yang merupakan zat gizi vital dalam pemenuhan gizi ibu dan janin selama kehamilan.

Telur dapat dikonsumsi dengan frekuensi 1-2 kali dalam dua hari dan dijadikan variasi lauk hewani saat berbuka atau sahur, tambahan dalam camilan berat atau dikonsumsi langsung sebagai camilan, ya.

4. Hati ayam

Hati ayam menjadi salah satu bahan makanan yang cukup banyak dianjurkan oleh berbagai pedoman gizi dan kehamilan yang dikeluarkan oleh asosiasi kesehatan luar dan dalam negeri.

Tak heran, karena dalam 2 potong hati ayam terdapat dua kandungan gizi yang penting bagi ibu selama kehamilan yaitu asam folat dan zink.

Hati ayam bisa menjadi variasi lauk hewani yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk lauk berbuka atau sahur dengan frekuensi 2-3 kali dalam satu minggu.

Asam folat dan zink merupakan dua dari lima zat gizi vital yang diharuskan pemenuhannnya dalam Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu hamil, bersamaan dengan kalsium, zat besi dan iodium.

Nah, itu dia empat bahan makanan super padat gizi bagi ibu hamil yang sedang berpuasa. Kini meskipun ibu hamil memiliki waktu makan yang terbatas saat berpuasa, konsumsi makanan padat gizi di atas akan sangat membantu pemenuhan zat gizi vital sehingga akan mendukung kesehatan ibu dan janin yang optimal, ‘kan?