Makanan Padat Bernutrisi Dan Bergizi Untuk Bayi

DokterSehat.Com – Kapankah bayi saya bisa mulai makan makanan padat sebagai pendamping ASI? Pertanyaan ini sering kali dialami oleh seorang mama yang baru memiliki anak, ini hal yang wajar dan memang sebaiknya diketahui jauh-jauh hari sebelum waktunya agar anak anda tidak terlambat dalam memperoleh asupan makanan padat.



Berapa usia yang tepat? Saat usia 4 bulan ato 6 bulan? Menurut para dokter dan ahli kesehatan, biasanya bayi usia 6 bulan keatas barulah boleh diperkenalkan dengan makanan padat sebagai pendamping dari ASI.

Adapun beberapa menu makanan pendamping ASI yang bisa anda berikan, diantaranya adalah :

  1. Alpukat
    Mempunyai tekstur yang lembut sehingga dapat membantu bayi mengenal buah. Buah Alpukat mengandung vitamin A dan C, niasin, magnesium, zat besi yang tentu sangat baik untuk bayi anda. Adapun cara menyajikan adalah dengan menghancurkan daging alpukat dengan menggunakan blender atau sendok hingga teksturnya lebih lembut dan mudah diterima buah hati anda.
  1. Kentang
    Mengandung karbohidrat yang bisa menjadi pengganti karbohodrat dari nasi. Kentang mengandung vitamin A, zat besi, protein dan potassium. Adapun cara pengolahan kentang untuk bayi adalah dengan memasak kentang menggunakan microwave atau direbus, setelah matang segera potong dan lembutkan.
  1. Pisang
    Pisang adalah buah yang mudah dilumatkan dan cocok untuk diberikan kepada bayi. Buah ini mengandung asam folat, potassium, selenium dan biotin yang akan berguna untuk buah hati anda.
  1. Brokoli
    Brokoli banyak mengandung serat folat dan kalsium. Mengenalkan sayuran terlebih dahulu kepada bayi lebih baik, karena sayur mempunyai rasa lebih tawar dibandingkan dengan buah.
  1. Yogurt
    Yogurt bisa diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI dengan porsi yang sesuai. Yogurt memiliki kandungan lemak, karbohidrat dan protein yang tinggi. Tekstur Yogurt yang lembut dan rasanya tawar akan lebih mudah dikonsumsi oleh bayi.
  1. Tahu
    Tahu, mempunyai tekstur lembut tentu dapat menjadi makanan pendamping ASI alternatif untuk bayi anda. Tahu biasanya rasa yang tawar dan memiliki nilai gizi dari kacang kedelai yang mencukupi sangat berguna untuk bayi anda. Kelebihan Tahu adalah dapat menyerap rasa, sehingga anda dapat menyajikan tahu dengan berbagai rasa untuk buah hati. Adapun tahu, mengandung protein, zat besi dan kalsium yang akan mendukung kecukupan gizi bayi.
Baca Juga:  Ngidam Pica Saat Hamil Berbahaya

Beberapa makanan tersebut diatas memang baik untuk bayi, namun saat memberikan makanan pendamping ASI, anda juga harus memperhatikan beberapa aspek seperti makanan yang dapat menyebabkan alergi pada bayi. Hal tersebut tentu harus dihindari, dan bisa diketahui makanan apa saja yang memicu alergi adalah, tidak memberikan secara bersamaan beberapa jenis makanan dan amati apa yang terjadi.