Makanan Nikmat Pemicu Sembelit

DokterSehat.com – Sembelit atau susah buang air besar tentu tidak bisa diabaikan begitu saja karena dapat mangakibatkan munculnya masalah kesehatan yang fatal. Bila tidak segera diobati sembelit dapat menyebabkan kanker usus besar. Berikut ini beberapa makanan nikmat namun dapat menyebabkan sembelit:



1. Makanan beku
Penyajian makanan beku memang praktis, Anda hanya tinggal memanaskan saja bila ingin menyantapnya. Namun, dibalik kepraktisannya ada banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan. Makanan beku sangat rendah kandungan seratnya dan banyak terkandung pengawet sehingga mengganggu gerakan usus.

2. Terlalu banyak makan nasi
Kandungan pati dalam nasi berfungsi sebagai pengikat tinja sehingga mengonsumsi nasi terlalu banyak bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan sembelit.

3. Pisang
Pisang bisa memicu terjadinya sembelit oleh karena itu mengonsumsi pisang terlalu banyak bisa menyebabkan sembelit.

4. Produk susu
Produk susu seperti keju dan mentega bisa menghambat proses pencernaan Anda. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko sembelit.

5. Keripik
Keripik renyah ternyata tidak berserat sama sekali. Maka, sebaiknya jangan terlalu banyak makan keripik sebab dapat memicu sembelit.

6. Kue kering
Kue kering hanya memiliki sedikit serat dan cairan. Padahal kedua hal tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar buang air besar. Selain itu, kandungan sodanya juga bisa mengacaukan sistem pencernan tubuh.

7. Daging merah
Daging merah mengandung zat besi dan sulit dicerna. Kandungan zat besi dalam daging dapat menyebabkan tinja menjadi keras dan berwarna gelap. Itulah alasannya mengapa konsumsi daging merah perlu dibatasi.

8. Es krim
Kebanyakan orang pastilah gemar menyantap es krim. Sayangnya, pakanan lezat ini hanya memiliki sedikit sekali serat. Selain itu, tambahan susu dan gula dalam es krim berisiko mengakibatkan sembelit.

Baca Juga:  Buah-Buahan Pencegah Diabetes

9. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak
Penggunaan minyak yang berlebihan untuk menggoreng makanan bisa menghancurkan serat dalam makanan. Hal ini dapat menghambat gerak usus sehingga Anda menjadi rentan terkena sembelit.

Buang air besar yang tidak lancar berakibat meningkatnya risiko penyakit seperti ambeien, tumor, bahkan kanker. Batasi semua makanan yang dapat memicu sembelit agar Anda tidak terkena dampak buruknya.

Dari berbagai sumber