Inilah Makanan dan Minuman yang Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

DokterSehat.Com– Saat Anda mengalami radang tenggorokan, masalah yang pasti dihadapi adalah kesulitan untuk menelan. Sakit tenggorokan atau biasa disebut faringitis adalah gejala umum dari beberapa penyakit yang berbeda atau terjadi karena penyakit lain seperti flu, demam dan mononukleosis. Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan biasanya akan mereda tanpa obat radang tenggorokan.

Apabila radang tenggorokan terus berlanjut, selain mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan, diantaranya:

  • Pisang

Tekstur lembut buah pisang yang mudah untuk ditelan dapat membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, pisang kaya akan vitamin B6, vitamin C dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Madu

Madu mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Madu kaya akan antioksidan, memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan mampu meredakan peradangan ini juga dipercaya efektif untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Madu dipercaya sangat baik untuk mempercepat kesembuhan pada radang tenggorokan.

  • Teh

Zat antiradang, antioksidan, dan zat astringen yang terkandung dalam teh chamomile sangat baik untuk meringankan gejala radang tenggorokan dan flu. Kandungan teh ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Selain teh chamomile dan teh fenugreek, minuman teh hangat lainnya juga dapat Anda konsumsi untuk mengobati dan memberi rasa nyaman pada tenggorokan Anda.

  • Sayuran

Kandungan nutrisi yang baik pada sayuran seperti wortel, kol, dan kentang dapat membantu mempercepat kesembuhan. Olah sayuran dengan cara direbus atau dibuat menjadi kuah.

  • Jahe dan kunyit

Kedua tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang berguna untuk meredakan gejala flu, seperti radang tenggorokan. Anda bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau menjadi campuran untuk membuat teh hangat.

  • Sup ayam

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa sup ayam mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran udara, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

  • Air garam

Berkumur dengan air garam selain dapat meringankan gejala radang tenggorokan, juga dapat membunuh bakteri, mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan, serta menjaga tenggorokan tetap bersih. Tuangkan 1 sdt garam pada 250 ml air hangat, kemudian berkumurlah dan pastikan air garam tidak tertelan. Lakukan metode ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Telur

Anda bisa memasak telur orak-arik atau menikmati putih telur yang direbus. Selain kaya protein, telur juga mudah ditelan dan membuat radang tenggorokan cepat mereda.

Di samping makanan dan minuman di atas, ada pula beberapa jenis obat dengan atau tanpa resep dokter yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan. Analgesik atau obat-obatan pereda sakit, seperti ibuprofen dan parasetamol, umumnya disarankan untuk menangani sakit tenggorokan, terutama jika disertai demam dan terjadi pada anak

Makan yang Harus Dihindari

Setelah Anda mengetahui makanan-makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk mengatasi peradangan, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari untuk mengiritasi tenggorokan, di antaranya:

  • Makanan ringan, seperti keripik kentang atau jagung.
  • Kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol.
  • Makanan pedas.
  • Biskuit dan roti kering.
  • Jeruk, lemon, jeruk nipis, tomat, dan anggur.

Selain menghindari makanan dan minuman yang bisa mengiritasi tenggorokan, berhenti merokok juga dapat membantu penyembuhan karena merokok dapat membuat tenggorokan makin kering dan iritasi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik