5 Makanan Terbaik untuk Percepat Proses Kehamilan

doktersehat makanan cepat hamil

DokterSehat.Com – Kehamilan bisa terjadi dengan mudah kalau pria dan wanita sama-sama subur. Salah satu tanda kesuburan pada pria adalah mampu menghasilkan sperma yang berkualitas mulai dari jumlah, bentuk, dan pergerakannya. Sementara itu pada wanita, kesuburan ditentukan dengan kondisi rahim yang sehat dan sel telur yang dihasilkan berkualitas sehingga pembuahan mudah terjadi.

Kalau ada gangguan pada sel telur dan beberapa bagian pada sistem reproduksi wanita, wanita akan susah hamil. Oleh karena itu menjaga kesehatan organ reproduksi sangat penting mulai dari menjaganya dari radikal bebas, penyakit, dan yang terakhir adalah memberikan nutrisi yang seimbang sehingga wanita bisa hamil dengan mudah.

Berikut beberapa makanan terbaik yang bisa mempercepat proses kehamilan pada wanita.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah salah satu bahan makanan yang sangat penting untuk wanita yang ingin segera mendapatkan kehamilan. Dengan mengonsumsi makanan yang memberikan rasa kenyang lebih lama ini kadar gila darah di dalam tubuh akan rendah. Peluang wanita mengalami diabetes yang buruk untuk kehamilan akan rendah.

Secara umum karbohidrat akan membuat gula darah menjadi normal dan tidak mengalami kenaikan insulin. Kalau insulin sampai naik dengan signifikan, kemungkinan terjadi ovulasi yang lancar bisa anjlok. Sel telur yang dihasilkan oleh wanita bisa saja tidak berkualitas sehingga pembuahan susah terjadi.

  1. Protein nabati

Protein sangat baik untuk tubuh khususnya dalam hal pemberian energi dan membantu pertumbuhan otot dan jaringan baru. Namun, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani justru buruk untuk wanita karena bisa meningkatkan peluang terjadinya gangguan pada vagina dan juga rahim sehingga pembuahan akan susah terjadi.

Protein nabati seperti olahan kedelai sangat bermanfaat untuk tubuh khususnya yang berkaitan dengan kesuburan. Kedelai mengandung senyawa mirip sekali dengan estrogen yang bisa membuat kadar hormon itu naik dan seimbang. Estrogen yang berjalan dengan lancar akan memperlancar ovulasi sehingga sel telur bisa diproduksi dengan baik.

  1. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak sangat bermanfaat untuk tubuh wanita karena bisa memberikan sumber energi yang besar. Protein dan lemak yang tidak terlalu banyak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan membuat wanita jadi lebih sehat.

Dari sebuah penelitian, wanita yang banyak mengonsumsi susu tinggi lemak berisiko alami gangguan pada sistem reproduksi seperti mioma. Selain itu, susu tinggi lemak juga berpotensi sebabkan wanita alami kegemukan yang berlebih. Kegemukan akan membuat wanita semakin susah dapatkan kehamilan.

  1. Tiram

Tiram juga merupakan salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk mempercepat kehamilan. Dengan mengonsumsi tiram secara rutin, Anda bisa meningkatkan jumlah sel telur sehat selama masa ovulasi atau masa subur setiap siklusnya.

Kalau sel telur yang dihasilkan oleh wanita semakin banyak, peluang terjadi pembuahan akan tinggi. Kalau sel telur yang sehat jarang dihasilkan, peluang terjadi pembuahan akan semakin menurun sehingga wanita akan susah mendapatkan kehamilan.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar yang warnanya oranye mengandung vitamin A yang banyak. Selain itu, mengonsumsi makanan ini dalam jumlah yang dianjurkan juga bisa menstimulus sel telur saat ovulasi. Hasilnya, sel telur yang dihasilkan selalu banyak dan juga sehat.

Anda bisa mengolah ubi jalar dengan direbus secara langsung, dibuat menjadi kue, atau dipotong kecil-kecil untuk campuran makanan.

Nah, semoga setelah membaca info di atas Anda bisa memerhatikan kondisi kesehatan sistem reproduksi dengan baik. Selamat merencanakan kehamilan. Semoga berhasil!