Makanan Manis Picu Penuaan Dini

Doktersehat.com – Sudah diketahui bahwa makanan manis dapat memicu diabetes dan kerusakan pada gigi. Akan tetapi, menurut sebuah studi ternyata tidak hanya itu saja efek yang ditimbulkan oleh makanan manis seperti aneka roti, cokelat, ataupun makanan penggugah selera lainnya.



Makanan manis pada kenyataannya juga dapat memicu penuaan dini. Kandungan gula yang terdapat pada makanan manis dapat menghasilkan enzim glikasi yang mengakibatkan kerutan pada kulit. Enzim ini mampu merusak protein lain seperti kolagen dan elastin.

Kandungan kolagen dan elastin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga elastisitas, kepadatan, serta kekencangan kulit. Kolagen merupakan protein yang bertugas untuk menjaga kekuatan kulit. Sedangkan elastin berfungsi untuk menjaga keelastisan dan kepadatan kulit Anda. Bagaimana jadinya bila protein penting ini rusak akibat proses glikosilasi tersebut?

Normalnya, kolagen akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia Anda. Hal inilah yang dapat membuat orang mengalami keriput pada kulit saat usianya mulai bertambah. Namun, jika di usia yang masih muda kolagen Anda sudah rusak akibat efek dari makanan manis maka hal ini dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda.

Agar tidak cepat tua sebaiknya hindari kandungan gula yang terdapat pada makanan manis. Mengonsumsi buah-buahan lebih baik ketimbang makanan manis. Walaupun begitu, Anda tetap bisa sesekali menyantap makanan manis dengan syarat Anda juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga dengan teratur. Dengan tetap menjaga pola hidup sehat, tubuh Anda akan tetap bugar dan terhindar dari penuaan dini.

Sumber: vemale.com