Makanan Manis Mempercepat Penuaan

Doktersehat.com – Mengonsumsi makanan yang manis rasanya memang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Tapi siapa sangka kandungan gula dalam makanan manis mempercepat proses penuaan dalam tubuh manusia. “Dalam gula ada zat yang dapat membuat ikatan dengan protein yang mengakibatkan tubuh melepaskan radikal bebas lebih banyak, inilah yang membuat manusia cepat jadi cepat tua,” ujar Spesialis Gizi, Samuel Oetoro.



Karena itu, ada beberapa praktisi kesehatan yang memasukkan gula ke dalam kategori zat makanan yang secara alami dan tanpa disadari meracuni tubuh. Apalagi jenis gula yang sifatnya cepat diserap tubuh dan gula tambahan.  Selain mengikat protein yang menyebabkan tubuh melepaskan radikal bebas dalam tubuh, gula juga menyebabkan sel otak mengalami kesulitan mengirimkan sinyal, sehingga kerja otak menjadi lebih lambat.

Sebuah penelitian yang dilakukan Professor Sepsialis Kedoteran Syaraf Amerika, David Geffen dari University of California Los Angeles (UCLA) membuktikan bahwa gula dapat menyebabkan kemunduran memori terhadap apa yang sudah dipelajari beberapa waktu sebelumnya.

Suzanne de La Monte, MD, MPH, seorang neuropathologist di Brown University bersama tim melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang memperburuk kondisi otak. Sel-sel tubuh membutuhkan glukosa dari makanan untuk energi. Hormon insulin yang diproduksi di pankreas dapat membantu sel-sel tubuh mengambil glukosa dari aliran darah, dimana sel-sel kemudian mengolahnya menjadi energi.

Jika ada kelebihan glukosa dalam aliran darah karena terlalu banyak makan makanan manis, pankreas akan memproduksi lebih banyak hormon insulin sehingga resistensi insulin pada sel-sel tubuh dapat meningkat. Jika sel-sel di otak juga menjadi resisten terhadap insulin, otak tidak mendapatkan energi yang cukup dan kondisinya dapat memburuk. Sel-sel otak yang kekurangan energi dapat mengakibatkan hilangnya memori dan kebingungan yang merupakan gejala penyakit Alzheimer.

Baca Juga:  Tanda Awal Sakit Ginjal

De La Monte merekomendasikan langkah pencegahan otak dari ancaman Alzheimer sebagai berikut:

1. Jagalah berat badan agar tetap stabil

Jika Anda menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang secara teratur, Anda akan mengetahui apakah berat badan Anda mengalami peningkatan atau tidak. Sehingga Anda dapat mencegah obesitas sejak dini. Obesitas juga terkait terhadap resistensi insulin.

2. Kurangi makan daging

Dengan diet makan makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan mengurangi konsumsi daging dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas.

3. Kurangi konsumsi gula

Gula telah terkait oleh diabetes tipe 2 dan 3, sehingga Anda perlu mengurangi konsumsinya sehari-hari. Hindari juga makan makanan kemasan yang terkadang mengandung pemanis buatan.

4. Memasak makanan sendiri di rumah

Dengan memasak makanan sendiri, Anda dapat memastikan sendiri bahan-bahan yang Anda gunakan adalah yang terbaik dan lebih sehat.

5. Hindari nitrat

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Alzheimer dengan konsumsi makanan yang mengandung nitrosamin. Lindungi diri Anda dengan menghindari makanan olahan yang mengandung nitrat pada labelnya. Makanan olahan tersebut termasuk keju, hot dog, daging sapi, dan daging asap.

Dari berbagai sumber