Makanan-Makanan Inilah yang Bisa Membuat Buang Air Besar Lancar

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang paling membuat rasa tidak nyaman pada tubuh adalah susah buang air besar. Tak hanya rasa tidak nyaman, perut juga akan terlihat membuncit sehingga kita pun sulit untuk memakai pakaian atau celana. Untuk mengatasi masalah susah buang air besar, ada baiknya kita tidak terlalu terburu-buru untuk memakai obat pencahar. Kita hanya perlu mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa membuat pencernaan lebih lancar sehingga kita pun lebih mudah untuk buang air besar. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-toilet-main-handphone

Yoghurt
Yoghurt adalah makanan yang kaya akan probiotik, semacam bakteri baik yang bisa membantu memecah makanan di saluran pencernaan sehingga akan membantu kelancaran proses buang air besar. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin bahkan disebut-sebut mampu membantu pembersihan saluran pencernaan.

Bawang putih
Tak disangka, salah satu bumbu dapur yang paling sering kita gunakan saat memasak ini ternyata kaya akan kandungan probiotik. Jika kita ingin buang air besar tetap lancar, ada baiknya kita mengkonsumsi beberapa suing bawang putih yang masih mentah. Memang, rasa dari bawang putih mentah ini tidak enak. Jika kita tidak kuat dengan rasa ini, kita bisa memanggang bawang putih ini sebentar demi menambah cita rasanya.

Buah pepaya
Buah ini sudah dikenal luas sebagai makanan yang sangat baik bagi saluran pencernaan. Tingginya kandungan serat dan air dalam pepaya membuatnya sangat mudah untuk dicerna dan membantu mengatasi masalah sembelit dengan efektif.

Dark chocolate
Salah satu makanan yang sangat nikmat ini ternyata kaya akan kandungan probiotik yang bisa melancarkan proses pencernaan. Mengkonsumsi dua potong dark chocolate di pagi dan sore hari bisa membuat kita tidak akan mudah terkena sembelit.