Makanan-Makanan ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sedang Terkena Asma

DokterSehat.Com – Asma adalah salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Bagaimana tidak, asma bisa membuat gangguan pada saluran pernafasan dimana saluran pernafasan ini semakin menyempit sehingga nafas pun menjadi sesak, berat, tersengal-sengal, atau bahkan menyebabkan batuk. Asma sendiri cenderung tidak mengenal jenis kelamin hingga usia dan bisa dengan mudah dipicu karena alergi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika asma bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan memakai alat spray yang bisa membuat saluran pernafasan menjadi lebih lega. Hanya saja, jika kita memang sedang terkena asma, kita tentu harus memperhatikan asupan makanan dan aktifitas kita.

doktersehat-wanita-sakit-asma-asthma-hidung-paru

Berbicara tentang makanan, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kita sedang terkena asma. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika makanan yang kaya akan protein hewani layaknya daging-dagingan atau produk susu dan telur akan sangat tidak direkomendasikan karena bisa memicu asma menjadi lebih parah. Selain itu, produk layaknya daging ikan juga bisa memberikan dampak buruk yang sama.

Saat asma sedang menyerang, kita juga sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan kandungan garam dan juga MSG. Memang, bahan makanan ini bisa membuat rasa makanan menjadi jauh lebih nikmat, namun, ada resiko besar terganggunya saluran pernafasan menjadi lebih parah jika kita mengkonsumsinya saat asma sedang menyerang. Selain itu, makanan layaknya french fries juga sangat dilarang dikonsumsi saat asma menyerang.

Beberapa jajanan makanan ringan, minuman bersoda, hingga buah-buahan kering ternyata juga sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kandungan dari bahan makanan dan minuman tersebut ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jika dikonsumsi saat kita terserang asma, maka dipastikan zat-zat yang dikandung pada makanan tersebut bisa membuat kondisi asma menjadi semakin parah.