Makanan-Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Andai Kita Sedang Menggunakan Antibiotik

DokterSehat.Com – Andai kita jatuh sakit dan memeriksakan diri ke dokter, kerap kali kita mendapatkan obat beserta dengan antibiotik. Biasanya, antibiotik ini diminta untuk dikonsumsi setelah selesai makan dan harus dihabiskan agar berbagai bakteri penyebab penyakit bisa benar-benar tak lagi tersisa. Untuk memastikan agar antibiotik ini bekerja dengan baik dan penyakit kita bisa mereda, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menghambat kinerjanya. Sebenarnya, apa sajakah makanan-makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi andai kita sedang menggunakan antibiotik?

doktersehat-obat-Kompleks-Tuberous-Sclerosis

Susu
Banyak orang yang berpikir jika mengkonsumsi obat dan dikombinasikan dengan susu akan membuat tubuh bisa segera sehat kembali. Sayangnya, beberapa jenis antibiotik yang memiliki kandungan tetrasiklik akan kurang cocok dikombinasikan dengan minuman ini. Kandungan kalsium yang ada pada susu akan mengikat antibiotik ini sehingga tidak akan diserap dengan tubuh secara maksimal.

Makanan asam
Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan asam layaknya lemon atau bahkan tomat ternyata juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi andai kita sedang menggunakan antibiotik. Alasannya mirip dengan saat kita mengkonsumsi susu dimana kandungan asam ternyata mampu membuat penyerapan antibiotik pada tubuh meniadi kurang maksimal.

Makanan kaya serat
Makanan kaya serat layaknya sayuran dan buah-buahan akan sangat baik bagi saluran pencernaan. Sayangnya, serat ternyata mampu membuat penyerapan makanan menjadi lebih lambat sehingga kita pun merasakan kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini ternyata bisa memicu penyerapan antibiotik menjadi lebih lambat.

Minuman beralkohol
Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Minuman ini bisa memicu efek samping bagi saluran pencernaan sehingga tubuh pun akan kurang maksimal dalam menyerap antibiotik yang sedang kita konsumsi.