Makanan-Makanan ini Sangat Tidak Direkomendasikan Untuk Sarapan Pagi

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika sarapan adalah waktu makan yang sangat penting dan memberikan dampak kesehatan yang cukup signifikan bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan sarapan, kita bisa menjaga tubuh tetap sehat, menjaga berat badan tetap ideal, hingga menentukan mood yang baik untuk aktifitas sehari-hari. Sayangnya, sarapan pagi masih cenderung disepelekan oleh banyak orang. Banyak yang masih dengan entengnya melewatkan sarapan pagi atau bahkan banyak yang cenderung mengkonsumsi makanan untuk sarapan dengan sembarangan, seperti dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut.

doktersehat-sarapan-makan-gizi-sehat

Kita tentu kerap melihat iklan atau tayangan film di televisi yang menunjukkan jika sereal adalah makanan yang ideal untuk sarapan. Memang, sereal, khususnya yang dicampur dengan susu akan sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai sarapan. Sayangnya, sereal ternyata kaya akan gula dan karbohidrat namun miskin serat sehingga kurang baik untuk dikonsumsi jika tidak diimbangi dengan buah-buahan atau semacam oats. Selain itu, kita juga kerap melihat orang yang hanya sarapan dengan roti saja atau roti tawar diberi selai. Sarapan dengan roti diyakini hanya akan membuat kita mengkonsumsi gula dan kalori saja, tanpa adanya serat. Hal ini berarti kita akan memiliki resiko tinggi membuat badan menjadi lebih gemuk.

Sosis dan nugget kerap kali dimasak sebagai lauk bagi sarapan pagi, khususnya bagi anak-anak. Disamping rasanya yang enak, sosis dan nuget sangat mudah untuk dimasak sehingga memudahkan ibu untuk menyiapkan sarapan pagi. Sayangnya, pakar kesehatan justru menyebutkan jika sosis dan nugget yang merupakan daging olahan sangat tidak baik jika sering-sering dikonsumsi. Tercatat, resiko terkena kanker bisa meningkat karena kita terlalu sering mengkonsumsinya.

Beberapa jenis minuman juga kerap dikonsumsi di kala sarapan pagi layaknya kopi atau bahkan jus. Kopi ternyata bisa membuat asam lambung naik dan membuat perut tidak nyaman. Sementara itu, jus yang biasanya memiliki kandungan gula akan kurang baik untuk dikonsumsi di kala sarapan karena bisa membuat kenaikan kadar gula dalam tubuh dan memicu tubuh kita mudah mengantuk seharian.