Makanan-Makanan Ini Bisa Memicu Masalah Bau Badan yang Cukup Parah

DokterSehat.Com – Keringat yang bercucuran karena melakukan olahraga atau suhu udara yang sangat panas akan dengan mudah mempengaruhi bau badan kita? Tak percaya? Cobalah untuk berada di dalam transportasi umum layaknya kereta komuter atau bus kota yang penuh sesak dengan suhu udara yang panas, kita tentu akan merasakan aroma bau badan yang menyengat. Selain karena bercampurnya keringat dengan bakteri yang bisa memicu bau badan, ada penyebab lain yang bisa memicu bau badan, yakni makanan tertentu. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Australia.

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Pakar kesehatan yang berasal dari Macquaire University meminta 43 orang pria yang tidak merokok untuk berpartisipasi pada penelitian ini. Mereka diminta untuk mandi tanpa memakai sabun namun tidak memakai pewangi tubuh sama sekali saat 24 jam pertama penelitian. Di hari kedua, para partisipan kemudian diminta untuk memakai kaus berbahan kain katun dan berolahraga setidaknya satu jam setelah mandi. Kaus-kaus yang dipakai para partisipan ini kemudian dikumpulan untuk dijadikan bahan yang akan diteliti di dalam laboratorium agar bisa mengetahui ekstrak keringat dari setiap partisipan.

Yang menarik adalah, sampel ekstrak keringat yang diambil dari kaus-kaus tersebut ternyata diujicoba dengan cara dihirup aromanya oleh 9 orang wanita. Para wanita ini kemudian diminta untuk memberikan penilaian tentang aroma ini dari yang paling berbau menyengat hingga yang tidak berbau sama sekali. Hasilnya adalah, para pria yang cenderung mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan cenderung tidak memiliki bau badan yang menyengat dan lebih disukai para wanita. Sementara itu, pria yang kerap mengkonsumsi daging-dagingan, telur, dan juga kedelai cenderung memiliki aroma tubuh yang sangat buruk. Namun, mereka yang mengkonsumsi karbohidrat ternyata memiliki bau badan yang paling tidak disukai wanita.

Baca Juga:  Awas, Sarapan yang Tidak Benar Bisa Memicu Masalah Berat Badan

Pakar kesehatan menyebutkan jika makanan sehat layaknya sayuran dan buah-buahan ternyata bisa mempengaruhi aroma tubuh seseorang menjadi lebih baik dan tidak berbau. Jadi, jika kita tidak ingin mengalami bau badan, ada baiknya kita memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan saja.