Makanan-Makanan Ini Bisa Membuat Tulang Kuat

DokterSehat.Com – Ada banyak cara untuk membuat tulang kita menjadi lebih kuat, salah satunya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi susu yang memang dikenal luas memiliki kemampuan untuk membuat tulang kuat. Susu memang sangat direkomendasikan bagi mereka yang masih dalam usia pertumbuhan atau bahkan yang sudah dewasa. Bagaimana tidak, susu mampu menyediakan setidaknya sebagian kebutuhan kalsium harian yang kita butuhkan. Selain susu, kita bisa melengkapi kebutuhan kalsium yang bisa membuat tulang kuat dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut.

doktersehat-sayur-bayam-sehat-mutrisi

Bayam
Sebagian orang kurang menyukai susu atau bahkan mengalami intoleransi laktosa yang membuatnya tidak bisa meminum susu. Beruntung, bayam bisa menjadi pengganti susu yang sangat efektif. Kita bisa memenuhi kebutuhan 25 persen kebutuhan kalsium dalam sehari andai mengkonsumsi satu cangkir bayam saja. Tak hanya kalsium, bayam ternyata juga kaya akan vitamin A, zat besi, dan juga serat.

Kacang-kacangan
Kacang layaknya kacang almond dikenal luas kaya akan kalium, nutrisi yang bisa membuat tubuh mencegah hilangnya kalsium melalui urin. Kacang-kacangan juga kaya akan protein dan berbagai nutrisi pendukung kekuatan tulang lainnya.

Ikan salmon
Ikan salmon yang nikmat kerap kali dianggap sebagai makanan yan sehat bagi jantung. Namun, makanan ini juga dikenal luas kaya akan kandungan vitamin D yang sangat baik bagi kekuatan tulang. Selain dagingnya, minyak ikan juga akan sangat efektif menurunkan resiko kerapuhan tulang pada wanita.

Keju
Keju yang lezat ini bisa mendukung kekuatan tulang asalkan dikonsumsi dengan takaran yang pas. 1,5 ons keju dalam sehari diyakini sudah cukup untuk menyediakan 30 persen kebutuhan kalsium harian kita. Ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa membuat kesehatan persendian kita terganggu.