Makanan-Makanan Ini Bisa Membuat Gigi Kita Menguning

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak ingin dengan gigi yang putih dan bersih? Gigi yang putih dan bersih bisa membuat kita mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi untuk mengeluarkan senyum terbaik bagi orang lain. Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, warna pada gigi kita cenderung semakin kusam dan menguning, apalagi jika kita mengkonsumsi beberapa makanan yang memang bisa memicu gigi menjadi lebih kuning. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-gigi-Periodontitis

Rempah-Rempah
Makanan di Indonesia cenderung sangat sulit untuk lepas dari rempah-rempah layaknya cabai, kunyit, atau bahkan rempah kari. Padahal, makanan-makanan ini memiliki potensi yang sangat besar untuk membuat gigi kita menjadi lebih kuning.

Penambah rasa
Beberapa jenis penambah rasa layaknya cuka, saus, hingga kecap yang bisa kita mudah temui di dapur atau bahkan tempat makan di luar rumah ternyata juga berpotensi membuat gigi kita menjadi lebih kuning, apalagi jika kita cenderung malas membersihkan gigi setelah memakannya.

Jus buah
Jus buah sudah dikenal luas memiliki rasa yang nikmat dan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah anda jika jus buah ternyata memiliki kandungan asam yang bisa saja mengikis enamel gigi dan membuatnya menjadi lebih kuning. Hanya saja, jus buah yang dimaksud adalah jus kemasan, bukan jus segar yang langsung dari buah.

Minuman bersoda
Sudah menjadi rahasia umum minuman bersoda sangat tidak baik bagi tubuh. Kandungan asam sitrat, asam fosfat, dan gula asam pada minuman ini bisa memicu kerusakan enamel gigi. Selain itu, adanya kandungan perawarna caramel juga berpengaruh besar pada perubahan warna pada gigi.

Teh hitam
Teh hitam ternyata kaya akan tanin yang bisa memicu noda pada gigi. Alih-alih menikmati teh hitam, pakar kesehatan lebih menyarankan teh putih atau teh hijau andai anda ingin tetap menjaga warna gigi tetap cerah.