Makanan-Makanan Berikut Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Dalam Kondisi Mentah

DokterSehat.Com – Beberapa jenis makanan ternyata lebih diminati untuk dikonsumsi secara mentah karena bisa memberikan sensasi rasa yang nikmat. Sebagai contoh, kita tentu mengenal sushi yang digemari banyak orang di berbagai belahan dunia. Sayangnya, dibalik kenikmatan beberapa makanan mentah ini, ada bahaya yang tersembunyi bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan sendiri sangat menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan berikut saat masih dalam kondisi yang mentah.



Susu
Meskipun anak hewan bisa mengkonsumsi susu secara langsung dari induknya, bukan berarti kita bisa sembarangan meminum susu saat masih mentah. Pastikan bahwa susu yang kita konsumsi sudah melalui fase pasteurisasi sehingga terbebas dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit layaknya bakteri E.Coli, salmonella, atau listeria.

Madu
Salah satu bahan makanan manis nan sehat ini ternyata juga tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan saat masih dalam kondisi yang mentah, khususnya bagi anak-anak. Pada saat masih mentah, madu ternyata memiliki kandungan grayonotoxin yang bisa memicu masalah kesehatan hipotensi dan juga kelelahan.

Sayuran mentah
Masyarakat tanah air mengenal beberapa jenis makanan yang memang dibuat dari sayuran yang masih mentah. Namun, pakar kesehatan sangat tidak merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi lobak, brokoli, dan kol saat dalam kondisi mentah karena masih memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Kecambah
Pakar kesehatan berkata bahwa kecambah yang masih mentah ternyata berpotensi mengandung bakteri salmonella, listeria, dan juga e.Coli. Sebelum dikonsumsi, ada baiknya kita mencucinya terlebih dahulu hingga bersih dan memasaknya.

Kentang
Andai kita mengkonsumsi kentang saat masih mentah, dikhawatirkan sistem pencernaan kita akan dipenuhi gas sehingga menjadi kembung. Kentang yang masih muda bahkan memiliki zat beracun yang bernama solanine yang jika dikonsumsi saat masih dalam keadaan mentah bisa membuat kita terkena sakit kepala.

Kacang merah
Mengkonsumsi kacang merah saat masih dalam kondisi mentah bisa membuat kita mual-mual, muntah, dan diare. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lectin phytohaemagglutinin yang memang sebaiknya dihilangkan terlebih dahulu dengan cara dimasak.