Makanan-Makanan Berikut Sangat Tidak Direkomendasikan Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Begitu seseorang divonis terkena diabetes, maka Ia pun harus mengubah gaya hidupnya, khususnya dalam hal pola makan agar menjadi lebih baik. Memang, penyakit diabetes bisa membuat seseorang tidak bisa lagi menikmati semua makanan yang tersedia. Namun, demi kondisi kesehatan tubuh, hal ini memang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa makanan yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita diabetes.

doktersehat-cokelat-gemuk-manis-obesitas-kerusakan-otak

Makanan pertama yang jelas sangat tidak direkomendasikan adalah makanan yang kaya gula. Kita bisa menyebutkan banyak sekali makanan yang kaya gula layaknya donat, kue, cokelat, pastries, atau bahkan es krim. Beberapa jenis minuman juga harus dihindari mengingat banyak minuman di Indonesia yang terasa manis. Penggunaan gula juga harus dibatasi untuk menghindari kenaikan kadar gula dalam darah dengan signifikan mengingat insulin di dalam tubuh tak lagi bekerja dengan baik.

Selain makanan yang kaya akan gula, penderita diabetes juga sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kolesterol. Jika hal ini dilanggar, kadar kolesterol dalam darah bisa meningkat sehingga resiko terkena penyakit jantung koroner juga ikut meningkat drastis. Hal ini berarti, beberapa jenis makanan layaknya udang, keju, daging merah, cumi-cumi, hingga kuning telur dan telur puyuh serta gorengan sebaiknya dihindari saja.

Buah-buahan dan sayuran kerap kali dianggap sebagai makanan sehat. Namun, bagi penderita diabetes, beberapa jenis buah dan sayuran justru tidak boleh dimakan karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. Kita bisa mengambil contoh buah layaknya mangga, stroberi, hingga sayuran layaknya kentang ada baiknya dibatasi konsumsinya.

Makanan olahan layaknya daging olahan dan makanan cepat saji juga sangat tidak direkomendasikan bagi penderita penyakit diabetes. Selain itu, konsumsi minuman beralkoho juga akan sangat dilarang karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita diabetes.