Makanan-Makanan Berikut Ini Sangat Direkomendasikan Bagi Ibu yang Hamil Bayi Kembar

DokterSehat.Com – Memiliki bayi kembar adalah salah satu impian yang dimiliki oleh cukup banyak orang tua. Meskipun bisa sangat merepotkan, memiliki anak kembar tentu akan terkesan lucu dan unik. Hanya saja, bagi orang tua yang sedang hamil bayi kembar, mereka tentu harus berhati-hati dan menjaga asupan makanannya setiap hari agar kedua bayi di dalam kandungan bisa terus dalam kondisi sehat dan terjaga perkembangannya. Tak hanya menjaga porsi makan yang cukup, ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi hariannya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi ibu yang sedang hamil bayi kembar.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Kismis
Kismis adalah makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil bayi kembar. Makanan ini kaya akan asam folat dan vitamin B sehingga akan menurunkan resiko bayi yang terlahir cacat. Ibu hamil bisa mengkonsumsinya sebagai campuran sereal di pagi hari. Selain kismis, susu juga bisa membantu ibu hamil mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

Yoghurt
Yoghurt sangat kaya dengan kalsium sehingga tentu akan membantu pertumbuhan tulang bayi kembar di dalam janin. Yoghurt juga sangat kaya akan protein yang baik. Hanya saja, pastikan yoghurt yang dikonsumsi adalah yang tanpa kandungan lemak dan gula.

Bayam
Sayuran hijau ini ternyata sangat kaya akan kandungan kalsium, vitamin K, zat besi,d an juga asam folat. Selain membantu menjaga kesehatan janin dan ibunya, bayam juga mampu mencegah bayi kembar mengalami kecacatan saat lahir.

Buah pepaya
Buah pepaya ternyata kaya akan kandungan vitamin C yang tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil terjaga. Selain itu, buah yang manis ini kaya akan enzim proteolitik yang akan membuat sistem pencernaan ibu hamil tetap terjaga. Buah ini juga bisa meredakan morning sickness.

Udang
Udang ternyata termasuk dalam makanan sumber protein yang rendah lemak. Udang juga kaya akan kandungan selenium dan vitamin D yang tentu akan membantu ibu hamil dan janin di dalam kandungan terjaga kesehatannya.