Makanan-Makanan Berikut Cukup Sering Menimbulkan Alergi Pada Manusia

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mendengar seseorang yang menderita alergi kacang? Tak hanya mengalami masalah andai Ia tak sengaja mengkonsumsi kacang, beberapa jenis bahan makanan yang terbuat dari kacang layaknya biskuit hingga kue juga bisa membuat masalah pada tubuhnya layaknya kulit yang menjadi kemerahan, bengkak-bengkak, hingga mengalami sesak nafas yang berbahaya. Tak hanya kacang, sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang bisa memicu masalah alergi pada manusia. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-kacang-selai

Makanan laut
Makanan laut layaknya kerang, cumi, udang, lobster, atau bahkan kepiting tentu akan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak cukup beruntung karena mengalami alergi andai mereka mengkonsumsi makanan-makanan lezat ini. Biasanya, mereka yang alergi dengan makanan laut akan mengalami gejala layaknya kulit yang mengalami gatal-gatal dan kemerahan.

Telur
Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah untuk didapatkan mengingat harganya yang murah sekaligus sangat mudah untuk diolah. Sayangnya, bagi beberapa orang, khususnya anak-anak, telur bisa menyebabkan alergi berupa masalah dermatitis atopik pada kulit yang akan membuat kulit mereka menjadi lebih kering, bersisik, terkelupas, dan gatal-gatal, khususnya jika mereka mengkonsumsinya terlalu banyak.

Susu sapi
Susu sudah dikenal luas sebagai minuman yang sangat nikmat dan disukai oleh banyak orang. Sayangnya, kandungan protein pada susu layaknya lactoglobulin, lactalbumin, casein, hingga whey ternyata bisa menimbulkan masalah alergi pada sebagian orang. Biasanya, mereka yang alergi pada susu sudah bisa dilihat pada saat mulai diberikan susu tambahan selain ASI dimana reaksi pertama yang muncul adalah gatal-gatal, batuk berdahak, hingga munculnya diare.

Gandum
Meskipun dikenal luas sebagai makanan yang sehat, ada beberapa orang yang kurang beruntung karena mengalami alergi andai mengkonsumsi gandum. Gejala awal dari alergi gandum adalah gatal-gatal, mual, hingga sesak nafas.