Inilah Makanan Lansia yang Biasa Dikonsumsi Anak Muda

doktersehat-diet-usia-tua

DokterSehat.Com– Berbeda dengan orang yang masih berusia muda dan bebas menyantap makanan apa saja, lansia atau orang yang usianya lanjut justru hanya bisa mengonsumsi makanan tertentu saja, seperti makanan lunak, makanan yang mudah dicerna, serta makanan yang memiliki gizi lengkap dan seimbang. Hal ini dikarenakan fungsi seluruh sistem pencernaan maupun sistem pengeluaran mereka menurun.

Namun, walaupun ada beberapa makanan yang hanya diperuntukkan untuk lansia, tapi nyatanya masih banyak disukai oleh anak muda karena dianggap memiliki cita rasa yang cukup lezat. Berikut adalah beberapa jenis makanan lansia yang juga disukai oleh kaum muda, diantaranya:

1. Ayam Tulang Lunak

Ayam memang menjadi primadona yang dikonsumsi oleh banyak orang. Selain memiliki protein yang dibutuhkan oleh tubuh, g ayam juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang sangat lezat, salah satunya adalah ayam tulang lunak. Ayam yang diolah menjadi ayam goreng tulang lunak, bisa disantap sampai habis karena tulangnya sudah tidak keras lagi. Sehingga, makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh lansia. Walaupun demikian, masih banyak anak muda yang menyukai makanan ini.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dipercaya lebih sehat dibanding dengan cokelat biasa. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat lansia menyukai makanan ini. Antioksidan tersebut memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatan aliran darah ke otak, dan mencegah serangan jantung. Tidak hanya lansia saja, generasi muda juga menyukai cokelat hitam, biasanya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan namun masih memiliki keinginan untuk mengemil.

3. Bandeng Presto

Ikan yang terkenal memiliki tulang dan duri yang cukup banyak ini membuat banyak orang merasa kesulitan untuk mengonsumsinya. Namun, ketika diolah menjadi bandeng presto, tulang dan durinya akan lunak, sehingga bisa langsung disantap tanpa harus takut tertusuk tulang dan duri. Di samping memiliki rasa yang gurih, ikan bandeng presto juga memiliki kandungan gizi baik, seperti omega 3 tinggi, EPA, DHA, dan ALA, serta protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.