Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap jika susu adalah penyedia kalsium paling utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tidak semua orang mampu membeli susu sebagai pelengkap asupan harian setiap hari. Selain itu, ada orang yang mengalami intoleransi laktosa sehingga kesulita untuk meminum susu. Untungnya, kalsium tidak hanya bisa didapatkan dari susu. Kita bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium yang kita butuhkan untuk kesehatan tubuh seperti sebagai berikut.



Makanan pertama yang kaya akan kalsium dan bisa kita dapatkan adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Tercatat, dari 50 gram brokoli, kita bisa mendapatkan 30 mg kalsium. Selain bisa dijadikan lauk, brokoli juga bisa dijadikan camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Selain brokoli, sayuran hijau lain yang banyak memiliki kandungan kalsium atalah bayam. Setiap 100 gram bayam sendiri ternyata memiliki 150 mg kalsium. Bayam sendiri akan sangat nikmat kita jadikan sayur yang disantap dengan segar. Jenis sayuran lain yang kaya akan kalsium adalah pok choy kecil yang memiliki sekitar 80 mg kalsium setiap cangkirnya.

Selain sayuran, kalsium juga bisa didapatkan oleh makanan lain layaknya tahu, ikan salmon, atau bahkan biji wijen. Ikan salmon yang rasanya lezat sendiri sudah dikenal luas memiliki banyak kandungan kalsium. Dalam setiap 6 ons ikan salmon, kita bisa menemui 181 mg kalsium, selain kalsium, ikan salmon juga memiliki vitamin D. Selain ikan salmon, ikan sarden juga memiliki banyak kandungan kalsium. Dalam tiga ons ikan sarden yang kita santap, kita bisa mendapatkan 325 kalsium, khususnya dalam tulang-tulangnya.

Selain ikan-ikanan, tahu juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Dalam setiap 100 gramnya, tahu bisa menyediakan 500 mg kalsium. Kacang merah dan biji wijen juga memiliki banyak kandungan kalsium yang bisa kita konsumsi. Dalam satu sendok biji wijen, kita bisa mendapatkan 160 mg kalsium. Sementara itu, kacang merah dengan takaran satu cangkir memiliki setidaknya 78 mg kalsium. Dengan ada banyaknya bahan makanan yang bisa kita maksimalkan sebagai sumber kalsium sehari, kita pun tidak perlu pusing andai tidak mengkonsumsi susu, bukan?