Makanan Ini Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru Kita

DokterSehat.Com– Kehidupan masyarakat modern, khususnya yang tinggal di perkotaan, kini semakin rentan untuk terkena berbagai penyakit berbahaya, khususnya yang muncul pada saluran pernafasan. Bagaimana tidak, mereka cenderung kerap terpapar polusi udara baik itu yang berasal dari emisi gas buang kendaraan, polusi dari industri, hingga banyaknya orang yang merokok. Tak hanya penyakit layaknya batuk atau asma, kerap terpapar polusi udara bisa memicu penyakit berbahaya layaknya kanker paru. Demi mencegah datangnya penyakit tersebut, ada baiknya kita menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru seperti sebagai berikut.

doktersehat-lobak

Sayuran hijau
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa paprika hijau, tomat hijau, dan bawang bombay ternyata mampu mencegah kanker paru sehingga sebaiknya rutin kita konsumsi.

Kacang hijau, lobak, dan ubi
Makanan lain yang sangat baik bagi kesehatan paru adalah kacang hijau, lobak, dan ubi. Jika rutin untuk mengkonsumsinya, makanan tersebut bisa membantu mencegah kanker paru dengan baik. Bagi mereka yang mengalami demam, konsumsi kacang hijau disebut-sebut bisa membantu menurunkan suhu tubuh dengan efektif. Selain itu, lobak putih juga bisa membantu mengatasi masalah batuk, khususnya batuk berdahak.

Buah-buahan dan teh
Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan air layaknya apel, pir, stroberi, belimbing, atau jeruk ternyata bisa membantu menjaga kesehatan paru dengan baik. Selain itu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi teh hijau secara rutin karena memiliki nutrisi yang menyehatkan tubuh, khususnya bagi organ paru-paru.

Tak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sangat baik bagi kesehatan paru-paru dan saluran pernafasan tersebut, ada baiknya kita juga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat layaknya dengan menghindari asap rokok dan selalu menggunakan masker andai berkendara atau berjalan di area yang memiliki tingkat polusi yang tinggi.