Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Setelah Berolahraga

DokterSehat.Com – Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan rutin setelah berolahraga. Namun, berolahraga juga harus dilakukan dengan memperhatikan berbagai hal tertentu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh, andai setelah berolahraga kita justru memenuhi perut dengan makanan cepat saji atau minuman bersoda, tentu kita tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari berolahraga, bukan? Selain itu, ada pula beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah berolahraga seperti sebagai berikut.

doktersehat-makanan-manis-gula

Sayuran mentah
Sayuran mentah kerap kali dianggap sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat menyehatkan. Sayangnya, pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsinya setelah melakukan aktivitas fisik. Sayuran mentah dianggap kurang baik dalam menggantikan nutrisi makanan yang hilang selama melakukan olahraga.

Makanan pedas
Tubuh akan mengalami proses pemulihan setelah digunakan untuk berolahraga, dan andai kita kemudian mengkonsumsi makanan yang pedas, maka proses pemulihan ini akan menjadi sangat lambat dan tubuh akan terasa sangat tidak nyaman.

Makanan manis
Meskipun akan terlihat sangat nikmat untuk dikonsumsi, makanan manis sangatlah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan gula yang tinggi ternyata akan membuat proses pembakaran lemak dalam tubuh berhenti dan kita pun tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas fisik.

Kacang-kacangan
Pakar kesehatan menyebutkan jika kita mengkonsumsi kacang-kacangan setelah berolahraga, kita akan beresiko mengalami gastritis dan masalah pencernaan lainnya sehingga membuat perut menjadi sangat tidak nyaman.

Daging berlemak
Salah satu tujuan dari berolahraga adalah untuk mengikis kandungan lemak yang ada dalam tubuh kita sehingga penampilan fisik kita menjadi lebih baik dan tubuh juga menjadi lebih sehat. Apa jadinya jika kita justru mengkonsumsi daging yang kaya lemak setelah berolahraga? Tentu hasil olahraga akan menjadi tidak maksimal dan proses pembakaran lemak akan menjadi terhambat.