Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi di Malam Hari

DokterSehat.Com – Tak hanya menjaga asupan makanan yang sehat dan rutin berolahraga, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga waktu tidur yang berkualitas agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas tidur kita adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-roti-tawar-madu

Makanan pedas
Mengkonsumsi makanan pedas di malam hari bisa membuat asam lambung naik atau mengalami perut mulas. Jika hal ini terjadi, perut akan terasa sangat tidak nyaman dan akhirnya membuat kita tidak bisa tidur. Selain itu, makanan pedas juga bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh pun tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Cokelat
Meskipun memiliki rasa yang sangat enak, cokelat ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi di malam hari, khususnya sebelum tidur. Layaknya kopi, cokelat juga memiliki kandungan kafein yang bisa membuat kita tidak ngantuk dan tak kunjung terlelap.

Daging merah
Daging merah dan berbagai makanan berlemak lainnya ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa dicerna. Jika kita mengkonsumsinya di malam hari atau beberapa jam sebelum tidur, maka perut akan terasa kembung atau penuh dengan gas yang tentu sangat tidak nyaman. Tak hanya membuat tidur tidak nyenyak, kita juga akan beresiko terbangun dengan kondisi badan yang lemas. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengkonsumsi daging merah atau makanan berlemak di malam hari.

Roti, pasta, dan sereal
Ketiga makanan khas barat ini kaya akan kandungan karbohidrat sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan sulit untuk terlelap.

Es krim
Es krim ternyata kaya akan kandungan lemak dan gula sehingga bisa membuat kita sulit untuk tertidur.