Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Dengan Susu

DokterSehat.Com – Kebanyakan dari kita belum mengerti tentang pentingnya kombinasi makanan bagi kesehatan. Sebagai contoh, ada beberapa makanan yang sebenarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh layaknya susu ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya. Memang, susu memiliki berbagai nutrisi yang menyehatkan, namun, jika kita mengkonsumsi dengan beberapa jenis makanan tertentu, maka hal ini justru bisa memicu gangguan kesehatan. Sebenarnya, makanan apa sajakah yang sebaiknya tidak kita konsumsi dengan susu?

doktersehat-sehat-pria-nutrisi-tellur-susu-vitamin-kalsium-daging-telur

Buah-buahan
Kita tentu kerap menemukan minuman yang dibuat dengan mencampur susu dengan buah-buahan layaknya sup buah atau smoothies. Menurut pakar kesehatan, beberapa jenis buah layaknya pisang, jeruk, atau stroberi bisa memberikan efek panas pada saluran pencernaan. Hal ini ternyata sangat kontras dengan susu yang cenderung memberikan efek dingin pada saluran pencernaan. Andai kita mencampur susu dengan buah-buahan tersebut, bisa jadi perut akan mengalami ketidakseimbangan asam dan flora usus. Hal ini bisa membuat perut terasa tidak nyaman atau memicu alergi dan batuk.

Daging dan ikan
Susu termasuk dalam minuman yang memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Sementara itu, daging juga termasuk dalam makanan yang terkonsentrasi dengan tinggi. Jika kita mengkonsumsi susu dan daging secara bersamaan, maka saluran pencernaan akan bekerja dengan lebih berat dan bisa membuat perut tidak nyaman. Jika kita minum susu bersama dengan daging ikan, dikhawatirkan kita justru akan mengembangkan toksin pada tubuh yang bisa menyebabkan masalah pada sirkulasi darah atau kesehatan jantung.

Garam
Garam dan susu ternyata memiliki sifat yang bertolak belakang sehingga andai kita mengkonsumsinya secara bersamaan, dikhawatirkan hal ini akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Baca Juga:  Minum Susu Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan?

Mengingat semua makanan-makanan tersebut cenderung sering kita konsumsi setiap hari, ada baiknya kita memberikan jeda beberapa saat setelah mengkonsumsinya sebelum kita meminum susu agar tidak memberikan efek kurang baik bagi kesehatan.