Makanan Ini Dapat Merusak Gigi Dan Pemicu Diabetes Pada Anak

DokterSehat.Com – Kebiasaan anak sering makan-makanan manis perlu diwaspadai lo bu. Selain menyebabkan gigi berlubang, ternyata juga menjadi pemicu timbulnya diabetes pada anak. Menurut Dr. Rochsismandoko, SpPD.KEMD, FINASIM, Pakar Penyakit Dalam Endokrinologi, kadar gula yang berlebihan ketika dikonsumsi selain menimbulkan sederet masalah pada gigi, juga memicu diabetes.

6523714709_f6c5157da0_b

Mulai sekarang, orangtua harus membatasi asupan gula anak-anaknya, karena gula merupakan sumber energi bagi bakteri di rongga mulut, kata drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC dalam acara ‘Waspadai Gula Sebagai Musuh Bersama Penyakit Gigi dan Diabetes Militus di Hotel Neo+ Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/3/2015).

Zat gula yang berada di rongga mulut, kata Mirah menjadi makanan bagi bakteri mulut yang akan diubah menjadi asam. Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi penyebab karies, kata Mirah.

Memang, makanan manis dan mengandung gula tinggi cenderung disukai anak. Namun, bila dikonsumsi hanya 10 sampai 20 persen dari total kalori per hari bisa menyebabkan defisiensi nutrisi.

BACA JUGA : 6 Tanda Telinga Anda Bermasalah