Makanan Ini Bisa Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

DokterSehat.Com– Mengingat penyakit jantung termasuk dalam penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia, ada baiknya kita menjaga gaya hidup tetap sehat agar tidak terkena penyakit itu. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Salah satu makanan tersebut adalah keju.

doktersehat-serangan-jantung-tes-darah-bahaya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Aarhus University di Denmark, disebutkan bahwa ada manfaat dari kandungan lemak yang ada di keju, yakni menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat kita mengenal lemak sebagai salah satu penyebab dari berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam laman Mirror ini, disebutkan bahwa konsumsi keju secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Pemimpin penelitian ini, Hanne Bertram, menyebutkan bahwa meskipun memiliki kandungan lemak yang sama, keju dianggap sebagai makanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mentega, bahkan, efek kesehatannya dianggap setara dengan susu. Hanya saja, pastikan untuk mengkonsumsi keju yang kaya akan kandungan butirat, senyawa kimima yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam penelitian yang juga dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, disebutkan bahwa mengkonsumsi keju berkaitan dengan peningkatan respon metabolik pada tubuh sehingga membuat tubuh menjadi semakin sehat. Tak hanya itu, dengan semakin menurunnya kadar kolesterol jahat, maka organ kardiovaskular seperti jantung ataupun pembuluh darah juga akan semakin sehat.