Makanan Ini Bisa Menurunkan Nyeri Radang Sendi

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang mengeluhkan masalah radang sendi. Rasa nyeri yang disebabkan oleh masalah kesehatan tersebut bahkan bisa membuat mereka kesulitan untuk melakukan aktivitas harian. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada makanan yang bisa menurunkan nyeri yang disebabkan oleh radang sendi. Dikutip dari Express, berikut adalah beberapa makanan tersebut.

  1. Brokoli dan kubis

Brokoli dan kubis memiliki kandungan sulfarophane yang bisa meperlambat kerusakan tulang rawan pada persendian yang disebabkan oleh osteoarthritis. Pakar kesehatan dari Arthritis Foundation lebih merekomendasikan konsumsi brokoli yang lebih baik dalam mencegah perkembangan penyakit ini.

  1. Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3

Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, dan makarel mampu melawan peradangan dalam tubuh. Mengonsumsi ikan-ikan ini dua kali dalam sepekan akan menurunkan nyeri yang disebabkan oleh nyeri sendi dengan efektif.

  1. Bawang

Bawang, baik itu bawang merah, bawang putih, ataupun daun bawang memiliki kandungan yang mampu menurunkan peradangan, termasuk yang terkait dengan masalah nyeri sendi. Kandungan antioksidan dari bawang juga bisa mencegah kerusakan dari paparan radikal bebas pada persendian.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang bersifat anti peradangan dan mampu menurunkan rasa nyeri, khususnya yang terkait dengan nyeri sendi atau arthritis.

  1. Vitamin C

Vitamin C juga kaya akan kandungan antioksidan yang menurunkan perkembangan osteoarthritis dengan signifikan. Vitamin ini juga bisa melawan infeksi dan peradangan pada persendian.

  1. Menurunkan asupan kafein

Pakar kesehatan menyarankan penderita nyeri sendi untuk menurunkan asupan kopi atau minuman berkafein lainnya karena kandungan kafein ini ternyata mampu memperparah masalah nyeri sendi.

  1. Buah ceri

Konsumsi buah ceri yang kaya akan antioksidan secara teratur ternyta bisa menurunkan rasa nyeri dan kaku pada persendian dengan signifikan.

Kalau Sobat Sehat punya keluarga dengan masalah nyeri sendi, sarankan untuk kerap mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya?