Makanan Ini Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Prostat

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai kaum pria adalah kanker prostat. Kanker yang menyerang organ vital pria ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dari karena kebiasaan merokok, malas berolahraga, atau bahkan konsumsi makanan tertentu yang memiliki sifat karsinogenik. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang pria mulai memperbaiki gaya hidupnya agar lebih sehat, khususnya dalam hal rutin berolahraga, menghindari rokok, menjaga pola tidur, dan mulai menurunkan asupan makanan yang bisa meningkatkan resiko kanker prostat seperti sebagai berikut.

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Daging merah
Daging merah bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat enak untuk dimakan. Sayangnya, kerap mengkonsumsi daging merah bisa membuat kita meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Bagaimana tidak, saat daging ini dimasak dengan suhu tinggi, terjadi reaksi kimia di dalam daging dan menciptakan senyawa yang bisa memicu kanker prostat di dalam tubuh. Pakar kesehatan menyarankan kita membatasi konsumsi makanan ini hingga hanya 3 ons saja setiap minggu.

Susu
Susu memang dikenal luas sebagai minuman yang kaya akan nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, konsumsi susu secara berlebihan bisa menurunkan kadar molekul pelindung tubuh pria dari perkembangan sel kanker prostat bernama 1,25 dihydroxyvitamin D3.

Alkohol
Minuman beralkohol ternyata bisa meningkatkan resiko kanker prostat dengan signifikan. Dalam sebuah penelitian, konsumsi 20 gelas minuman ini per minggu bisa memicu munculnya kanker yang mengerikan ini pada tubuh pria.

Suplemen zat seng
Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Novel Role of Zinc in the Regulation of Prostate Citrate Metabolism and Its Implication in Prostate Cancer, diketahui bahwa konsumsi suplemen yang mengandung 100 mg zat seng setiap hari akan meningkatkan resiko kanker prostat.