Makanan Ini Bisa Menghilangkan Rasa Mual Saat Hamil Muda

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kehamilan yang kerap dirasakan oleh mereka yang sedang hamil muda adalah munculnya rasa mual-mual atau yang kerap disebut sebagai morning sickness. Tak hanya cukup merepotkan, kondisi mual-mual ini bisa membuat ibu kehilangan selera makan. Padahal, saat hamil ibu justru membutuhkan asupan nutrisi yang bergizi dan lebih banyak dari biasanya demi mendukung kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

doktersehat-hamil-mual-muntah

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering, yakni setiap 2 atau 3 jam demi mensiasati mual-mual ini. Hal ini akan membuat kita mencegah lambung dalam kondisi kosong sekaligus menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi bebeberapa makanan berikut ini yang bisa mengatasi rasa mual.

  • Makanan yang cenderung hangat dan berkuah seperti sop ayam, kaldu sapi, atau kentang rebus.
  • Minuman yang terbuat dari jahe seperti teh jahe, wedang jahe, hingga permen jahe.
  • Minuman yang terbuat dari lemon atau teh peppermint.
  • Biskuit
  • Makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 seperti serelia gandum, kacang kedelai, telur, kacang pistasio, ikan tuna, dan daging ayam.

Jika setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut ibu tetap saja masih mengalami mual-mual dan muntah, dikhawatirkan mereka sedang mengalami kondisi yang disebut sebagai hiperemesis gravidarium yang bisa membuat berat badan ibu menurun, dehidrasi, penurunan tekanan darah dengan drastis, dan masalah lainnya yang tentu bisa membahayakan kesehatan ibu serta janinnya. Karena alasan inilah ada baiknya ibu segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter agar bisa mendapatkan solusi kesehatan yang tepat.