Makanan Ini Bisa Mengatasi Masalah Telat Datang Bulan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan wanita yang sangat tidak diinginkan adalah telatnya fase menstruasi tiba. Bagaimana tidak, meskipun bisa memberikan rasa tidak nyaman dan perubahan mood secara signifkan, dalam realitanya fase menstruasi adalah sebuah fase alami bagi kaum hawa untuk membersihkan berbagai darah kotor yang ada dalam tubuhnya. Karena alasan inilah banyak wanita yang resah jika telat datang bulan. Untuk mengatasi hal ini, kaum hawa sebenarnya bisa mencoba untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi masalah ini. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-maag-gastritis

Makanan pertama yang sangat direkomendasikan bagi kaum hawa yang mengalami masalah telat datang bulan adalah pepaya. Kandungan di dalam buah pepaya berupa karoten ternyata akan membuat rahim terpicu untuk melakukan kontraksi dan bisa melancarkan menstruasi. Selain itu, karoten ini akan merangsang hormon estrogen di dalam tubuh kaum hawa yang bisa membuat menstruasi semakin lancar. Cukup dengan mengkonsumsi jus pepaya dua kali dalam sehari atau mengkonsumsinya secara langsung, menstruasi pun tidak akan telat kembali.

Makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi kaum hawa untuk melancarkan menstruasi adalah teh hijau. Minuman herbal ini ternyata bisa membuat area rahim menjadi semakin hangat dan pada akhirnya membuat rahim mengalami kontraksi dan mengatasi masalah telat datang bulan. Cukup dengan mengkonsumsi secangkir teh jahe hangat di pagi hari sebelum makan dan lakukan beberapa hari sebelum jadwal menstruasi, maka fase menstruasi pun cenderung akan berlangsungd engan aman.

Parsley atau yang kerap disebut sebagai peterseli juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah menstruasi. Di dalam parsley, terdapat nutrisi apiol dan miristisin yang akan merangsang rahim berkontraksi dan pada akhirnya membuat siklus menstruasi bulanan menjadi lebih lancar. Parsley sendiri bisa dikonsumsi dengan cara direbus daunnya dalam 150 ml air dan diminum secara teratur dua kali sehari sebelum fase menstruasi tiba.