Makanan Ini Bisa Mencegah Asma Pada Anak

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika asma ternyata termasuk dalam penyakit yang muncul karena berbagai aspek jangka panjang sehingga kita sebenarnya bisa mencegah datangnya penyakit ini sejak dini dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, termasuk dalam memberikan makanan-makanan yang tepat. telah banyak penelitian kesehatan yang dilakukan di Inggris atau Australia yang dilakukan untuk menemukan makanan yang bisa mencegah datangnya asma sejak masa kanak-kanak. Berikut adalah beberapa makanan tersebut.

doktersehat-asma

Sayuran dan buah
Kedua jenis makanan yang kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh ini ternyata bisa mencegah datangnya asama pada anak. Dalam sebuah penelitian kesehatan, diketahui bahwa anak yang mengkonsumsi sayuran dan buah lebih sedikit akan meningkatkan resiko terkena asma hingga 3 kali lipat. Menurut pakar kesehatan, sayuran dan buah ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, adanya kandungan antioksidan dari makanan sehat ini juga akan mencegah datangnya infeksi pada saluran pernafasan sekaligus membuatnya menjadi lebih bersih.

Susu
Dalam sebuah penelitian kesehatan yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Study of Asthma and Allergies in Childhood, disebutkan bahwa susu ternyata kaya akan kandungan kalsium yang bisa menurunkan asma. Tak hanya itu, tingginya kadar magnesium pada susu juga bisa membuat aliran udara pada saluran pernafasan, khususnya paru-paru, menjadi lebih lancar.

Ikan
Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 dan omega 6 dengan seimbang. Hanya saja, pastikan untuk tidak memberikan asupan asam lemak omega 6 secara berlebihan karena hal ini bisa membuat paru-paru justru menjadi lebih sensitif dan lebih mudah terkena asma. Untuk mendapatkan asupan kedua asam lemak ini, kita bisa memberikan anak ikan, khususnya ikan salmon yang memang sangat baik bagi kesehatannya.