Makanan Ini Bisa Membersihkan Paru-Paru Para Perokok

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang sedang berusaha untuk berhenti merokok dengan mengurangi frekuensinya, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu membersihkan paru-paru. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-paru-paru-Asbestosis-Fibrosis-paru-kanker-pneumonia

Jahe
Salah satu bahan rempah yang paling sering kita konsumsi ini kaya akan kandungan antiseptik dan antibakteri yang bisa membantu memperlancar saluran bronkial pada paru-paru. Selain itu, kandungan dalam jahe ini juga bisa menghilangkan paparan berbahaya radikal bebas pada paru. Kita bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat atau langsung mengunyahnya begitu saja.

Jeruk bali
Jeruk bali kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu melawan perkembangan sel kanker.

Yoghurt
Salah satu produk turunan susu ini ternyata memiliki dua jenis bakteri baik yakni lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophlus. Kandungan dalam yoghurt ini menyediakan nutrisi yang baik bagi hati dan paru-paru, khususnya dalam mencegah datangnya penyakit kanker.

Buah delima
Ekstrak buah delima mampu meningkatkan pasokan darah dan menghilangkan berbagai zat beracun yang ada dalam paru-paru. Selain itu, kandungan antioksidannya yang sangat tinggi juga membantu tubuh melawan berbagai sel kanker.

Kunyit
Salah satu bumbu dapur ini mampu mengatasi peradangan pada paru-paru. Kandungan curcumin-nya juga bisa melawan berbagai paparan zat penyebab kanker paru.

Buah berry
Berbagai jenis buah berry seperti blueberry, blackberry, dan raspberry kaya akan kandungan flavonoid, karotenoid, lutein, serta zeaxanthin yang bisa menghilangkan berbagai zat karsinogen pada paru-paru.

Bawang putih
Kandungan senyawa allicin pada bawang putih mampu melawan berbagai bakteri penyebab infeksi pada paru-paru. Selain itu, bawang putih juga bersifat anti bakteri, anti jamur, anti mikroba, anti parasit, dan anti virus yang tentu sangat baik bagi kesehatan.

Baca Juga:  Makanan Ini Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru Kita

Keju
Keju dan makanan yang kaya akan kandungan selenium seperti telur, ikan tuna, ikan salmon, kedelai, gandum, dan lain sebagainya mampu membuat paru-paru menjadi lebih sehat dan kuat.

Sayuran yang kaya akan karotenoid
Sayuran yang kaya akan karotenoid seperti daun anggur, selada, labu, bayam, sawi, wortel, hingga lobak sangat baik bagi organ pernafasan.