Makanan Ini Bisa Membantu Proses Pemulihan Setelah Melahirkan

DokterSehat.Com– Baik itu melalui proses persalinan normal ataupun sesar, ibu bisa mengalami luka saat melakukannya. Karena alasan inilah mereka harus mendapatkan proses pemulihan yang maksimal. Tak hanya perawatan pada luka atau melakukan aktifitas fisik tertentu, ada baiknya ibu juga mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa membantu proses pemulihan setelah melahirkan seperti berikut ini.

doktersehat-bayi-anak-kecil-orangtua-bermain

Makanan kaya kalsium
Pakar kesehatan menyarankan ibu yang baru saja melahirkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, ikan teri, dan berbagai macam kacang-kacangan.

Makanan yang kaya zat besi
Beberapa jenus sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, daging merah, ikan teri, dan juga tempe yang kaya akan zat besi juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru melahirkan.

Makanan yang kaya protein
Makanan yang kaya protein hewani atau nabati seperti tempe, tahu, daging sapi, dan daging ayam juga akan membantu proses pemulihan setelah melahirkan.

Makanan yang kaya asam folat
Susu dan telur yang kaya akan asam folat sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang baru melahirkan.

Makanan sumber karbohidrat
Sumber karbohidrat seperti nasi, terigu, dan biji-bijian akan membuat ibu memiliki energi yang cukup untuk melakukan proses pemulihan tubuh sekaligus merawat buah hatinya.

Dalam 6 bulan pertama setelah melahirkan, ibu hamil disarankan untuk menambah asupan kalorinya hingga 700 kalori lebih banyak dibandingkan saat hamil karena Ia juga harus memenuhi ketersediaan ASI bagi buah hatinya. Setelah anak mencapai usia 6 bulan hingga 1 tahun, asupan kalori tambahan ini bisa cukup hanya 500 kalori saja.

Pakar kesehatan juga menyarankan ibu hamil untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan mengingat asupan vitamin dan seratnya bisa membantu proses pemulihan tubuh setelah melahirkan dengan lebih baik. Sementara itu, beberapa jenis makanan dan minuman yang kaya akan lemak, kafein, serta gula sederhana sebaiknya dihindari terlebih dahulu.