Makanan Ini Bisa Bikin Haid Teratur

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang paling bikin wanita khawatir menghadapi si merah adalah ketika siklusnya tidak teratur. Haid tak teratur memang bisa bikin cemas. Belum lagi jika dibarengi dengan gejala-gejala tak biasa lainnya.

19644378494_e64f02b42b_k

Untuk mendapatkan haid teratur, kita bisa coba menyiasatinya dengan pemilihan konsumsi makanan yang tepat. Dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, kita bisa dapatkan haid yang lebih lancar dan teratur.

Berikut adalah makanan yang dapat membuat haid teratur :

• Susu kedelai
Konsumsi susu kedelai bisa membuat menstruasi lebih lancar. Kita bisa konsumsi kedelai itu sendiri untuk mempercantik kulit, mengatur lingkar pinggang dan menjaga kesehatan. Susu kedelai baik buat kamu yang nyeri haid tapi malas untuk makan. Selain bisa jadi tambahan tenaga, nutrisi dalam segelas susu kedelai mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

• Telur rebus
Daripada telur goreng, sebaiknya pilih telur rebus. Protein yang dikandungnya memiliki manfaat yang baik seperti kedelai dalam membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Telur juga mampu menjaga sistem hormonal kita dengan baik dan menjaga tubuh tetap bertenaga serta fokus saat sedang menstruasi.

• Sayur brokoli
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya antara lain vitamin A, B, C, K dengan tambahan antioksidan, zat besi dan serat yang kaya. Kandungan folat dan vitamin B dalam brokoli mampu mencegah depresi yang menjadi salah satu pemicu tidak teraturnya wanita saat menstruasi dan tidak sehatnya kita saat periode bulanan tersebut.

• Biji wijen
Meski biji wijen itu kecil, namun memiliki manfaat yang besar. Konon, mengonsumsi wijen bisa membantu kondisi tubuh kita tetap sehat karena kandungan vitamin E, serat dan asam lemak tak jenuh. Sebagai contoh, kita bisa melahap onde-onde atau konsumsi makanan dengan taburan wijen. Namun tidak disarankan makan wijen terlalu banyak karena bisa membuat tubuh lebih panas.

Baca Juga:  Manfaat Anggur untuk Tulang Perempuan

• Ikan salmon
Sepintas salmon seperti makanan mewah. Tapi kandungan gizinya sangatlah kaya. Konsumsi salmon secara teratur bisa membantu meningkatkan kolagen di tubuh. Selain itu, salmon mampu memberikan Anda kestabilan hormon yang baik. Ini karena kandungan kalsium, vitamin D dan berbagai gizi lainnya yang bermanfaat, sehingga kita tak mudah stres dan haid bisa datang tepat waktu.

Makanan-makanan di atas juga bisa diganti dengan alternatif lain, misal sayur bayam, kacang-kacangan, buah dan ikan laut lainnya. Konsumsi makanan yang tak terlalu dingin dan panas serta yang masih segar, bisa menjaga agar sistem tubuh kita tidak terganggu, apalagi saat menstruasi.

Lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi merupakan langkah awal untuk mendapatkan haid yang lebih lancar dan teratur. Tapi kalau kita mulai merasakan gejala-gejala yang tidak biasa saat haid, jangan ragu untuk segera hubungi dokter.

Well, gimana Ladies, tertarik mencoba? Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini!

BACA JUGA : Pengobatan Pada Penyakit Insomnia