Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Mentah

DokterSehat.Com – Ada banyak makanan yang menyehatkan jika dikonsumsi mentah-mentah. Namun tidak semua makanan menyehatkan dan aman dikonsumsi secara mentah. Bahkan jika makanan itu mengandung nutrisi dan protein yang melimpah, namun sebaiknya tak serta-merta mengonsumsi sayur atau buah secara mentah.



Buah dan sayur menjadi jenis makanan yang paling umum untuk dikonsumsi secara mentah. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut dianggap tidak akan berdampak apapun pada tubuh Anda saat dikonsumsi mentah.

Berikut beragam jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi secara mentah, karena bisa membahayakan kesehatan tubuh :

  • Daging ayam
    Tidak seperti daging ikan yang bisa Anda konsumsi secara mentah, daging ayam haruslah dikonsumsi secara matang. Daging ayam dipenuhi oleh bakteri yang harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Setidaknya Anda harus mengolah ayam dengan suhu 165 derajat untuk mematikan bakteri di dalamnya. Mengonsumsi ayam mentah hanya akan membahayakan kesehatan tubuh Anda (bisa merusak usus).
  • Terong
    Terong mengandung zat atau senyawa yang disebut dengan solanin. Solanine bisa meracuni sistem saraf dan usus. Beberapa gejalanya adalah mual, kram perut, pusing, dan diare. Karena itu terong sebaiknya dimasak terlebih dulu sebelum dikonsumsi.
  • Kentang
    Meski kentang mengandung banyak nutrisi, namun jangan pernah mengonsumsi makanan ini secara mentah. Dalam kentang terdapat zat beracun bernama chaconine yang bisa membunuh Anda. Kentang yang masih berwarna hijau sebaiknya tak dikonsumsi mentah, begitu juga yang masih mengandung warna hijau di dalamnya, karena hal ini menandakan bahwa kentang tersebut mengandung solanin yang bisa membuat Anda keracunan.
  • Buncis
    Buncis merupakan sayuran yang berbahaya jika dikonsumsi secara mentah. Sebab buncis mengandung glikosida sianogen yang merupakan zat asam amino beracun. Sehingga Anda harus memasaknya sebelum dikonsumsi.
  • Kacang merah
    Kacang merah juga sebaiknya tak dikonsumsi secara mentah. Kacang merah mengandung zat berbahaya yang bernama lectin dan bisa membuat Anda merasa mual atau pusing selama beberapa jam.
  • Bagian buah tertentu
    Jika Anda sedang memotong buah seperti apel atau pir dan kemudian Anda menemukan bagian dalamnya yang bertekstur lembut dan tampaknya bisa dimakan, maka sebaiknya jangan memakannya. Sebab bagian ini mengandung zat bernama amygladin yang tidak baik untuk kesehatan.
Baca Juga:  Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Mengonsumsi makanan secara mentah memang baik untuk kesehatan. Namun Anda juga harus memperhatikan jenis makanan tersebut. Jangan sampai Anda membahayakan kesehatan Anda karena tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang makanan sehat. Makanan di atas perlu dimasak dan dibersihkan terlebih dahulu agar aman untuk dikonsumsi.