Makanan Ini Adalah yang Paling Buruk Untuk Dikonsumsi di Malam Hari

DokterSehat.Com– Makan malam seringkali dilakukan dengan keluarga, teman-teman, atau orang-orang terkasih. Makan malam juga dilakukan dengan santai karena biasanya semua aktifitas harian sudah kita selesaikan. Hanya saja, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam memilih makanan yang kita konsumsi di waktu makan malam ini. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari saat makan malam seperti sebagai berikut.

doktersehat-makan-bersama

Burger
Meskipun memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan, burger termasuk dalam makanan junk food yang sangat tidak sehat. Kalori di dalam burger sangatlah banyak sehingga jika kita kerap mengkonsumsinya di malam hari, resiko kenaikan berat badan juga akan meningkat.

Ayam
Ayam geprek, ayam bakar, ayam goreng, ayam tepung, ayam penyet, dan berbagai masakan dari bahan ayam lainnya memang sangat enak untuk dikonsumsi saat makan malam. Sayangnya, ayam kaya akan kandungan protein yang bisa membuat proses pencernaan lebih lambat hingga 50 persen. Hal ini bisa membuat saluran pencernaan tidak bisa benar-benar beristirahat saat kita tidur malam dan bisa berimbas buruk bagi kesehatan.

Cokelat
Meskipun enak dan kerap dianggap sebagai makanan sehat, cokelat, termasuk yang berjenis dark chocolate sebaiknya tidak dikonsumsi di malam hari karena memiliki kandungan kafein dan theobromine yang bisa mempengaruhi sistem saraf, membuat detak jantung meningkat, dan akhirnya membuat kita sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur nyenyak.

Minuman beralkohol
Banyak orang yang sengaja mengkonsumsi minuman beralkohol bersama dengan kawan-kawan demi menghilangkan stres. Sayangnya, hal ini akan merusak kesehatan ginjal dan hati. Bahkan, kita akan terbangun dengan kepala pusing dan kondisi badan yang tidak fit. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya.