Makanan Gorengan Memang Tidak Sehat Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika makanan gorengan adalah makanan yang sangat tidak sehat dan sama sekali tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Sayangnya, gorengan sudah dikenal luas sebagai makanan yang terasa sangat nikmat dan renyah untuk dijadikan camilan atau bahkan lauk makanan. Tingginya kadar lemak trans yang ada pada gorengan, khususnya yang dijajakan oleh penjual gorengan yang seringkali memakai wajan besar dan memakai minyak berulang-ulang kali untuk menggorengan puluhan gorengan, tentu akan berbahaya bagi tubuh. Apa sajakah dampak buruk yang bisa kita rasakan jika terlalu banyak mengkonsumsi gorengan?

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Setidaknya ada dua penyakit berbahaya yang bisa didapatkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, yakni penyakit diabetes dan juga penyakit jantung. Kandungan lemak tinggi dari gorengan ternyata bisa memicu masalah diabetes dengan cepat, sementara itu dengan banyak mengkonsumsi gorengan yang kaya akan lemak trans, kita pun secara langsung akan menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan pada akhirnya akan membuat sistem pembuluh darah tidak sehat. Selain kedua jenis penyakit berbahaya ini, mengkonsumsi makanan gorengan yang kaya akan minyak ternyata bisa membuat kita lebih mudah batuk-batuk mengingat gorengan ternyata memiliki banyak senyawa akrelein yang berasal dari proses memasaknya yang bisa menghilangkan nutrisi makanan dengan drastis.

Meskipun tidak benar-benar berkaitan langsung dengan program diet, pakar kesehatan di Spanyol ternyata menunjukkan jika banyak mengkonsumsi gorengan akan membuat kita menjadi lebih mudah menggemuk. Bagaimana tidak, di dalam gorengan ternyata mengandung banyak sekali kalori yang jika tidak dibakar dengan sempurna, maka kita pun akan mengalami kegemukan. Dari penelitian ini, jika dada ayam yang dimasak dengan cara dipanggang hanya memiliki 105 kalori, dada ayam digoreng ternyata memiliki jumlah kalori yang jauh lebih besar, yakni 320 kalori. Dengan adanya fakta ini, kita memang harus mengurangi konsumsi goerngan, bukan?