Makanan Enak Yang Bikin Gigi Jadi Kuning

DokterSehat.Com – Gigi kuning merupakan salah satu masalah gigi dimana berubahnya warna asli gigi dari berwarna putih menjadi kuning, seseorang yang memiliki gigi kuning akan menjadi kurang percaya diri saat akan berbicara dengan orang lain. Gigi yang kuning akan menandakan jika Anda jorok dan tidak pernah menggosok gigi. Gigi menjadi kuning dapat disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Untuk itu Anda harus mengetahui jenis makanan dan minuman apa yang membuat gigi menjadi kuning.

10

Pasti Anda malu jika memiliki gigi kuning, maka perhatikan apa yang Anda makan agar gigi tidak kuning.

  1. Soft Drink
    Dengan rasa yang enak, soft drink bukan sahabat untuk gigi Anda. Dalam satu kaleng atau satu botol kecil soft drink, terdapat kandungan gula yang sangat banyak. Dengan sifat yang asam dan gula, maka gigi Anda bisa cepat terkikis dan meninggalkan noda kekuningan.
  1. Kopi
    Sebagai informasi tambahan, lapisan gigi terluar memiliki pori kecil yang dapat tertutup noda dari minuman atau makanan. Kopi adalah salah satu minuman yang dapat meninggalkan noda kecokelatan dan kuning pada lapisan luar gigi.
  1. Teh
    Sama seperti kopi, teh memiliki warna yang dapat membuat lapisan luar gigi tampak kekuningan. Jika Anda suka mengonsumsi teh, pilih teh yang memiliki warna lebih terang.
  1. Soy Sauce
    Suka makan sushi atau makanan Jepang? Rasanya kurang sedap jika tidak menambahkan soy sauce. Namun hati-hati, jangan makan soy sauce kebanyakan. Warna soy sauce yang gelap dapat meninggalkan noda di gigi.
  1. Kari dan Makanan Berbumbu Kunyit
    Berbagai jenis makanan kari atau yang memakai bahan dasar kunyit dapat langsung membuat gigi lebih kuning. Maka berhati-hatilah ketika Anda mengonsumsi makanan berbumbu kunyit. Akan lebih baik jika Anda berkumur atau sikat gigi.