Makanan Enak Tidak Selalu Bisa Mengurangi Stress

DokterSehat.Com – Manusia urban yang modern kini cenderung akan lebih mudah mengalami stress dan depresi jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Selain disebabkan oleh gaya hidup urban yang penuh dengan tuntutan dan banyaknya aktifitas, banyak orang yang merasa lelah dengan kegiatan sehari-hari yang kadangkala tidak sesuai dengan harapan pada akhirnya memicu rasa stress ini muncul. Untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk memanjakan tubuhnya dengan menikmati beberapa makanan yang nikmat. Banyak orang yang bahkan mengakui jika mereka akan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu dalam jumlah yang cenderung sangat banyak hanya demi mengatasi masalah stress ini. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, tidak semua jenis makanan enak akan bisa membuat stress menghilang. Salah-salah kita justru akan mendapatkan stress memburuk. Apa sajakah makanan-makanan enak yang sebaiknya kita hindari saat stress tiba?

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Banyak orang yang mengalami stress pada akhirnya mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak agar mereka bisa melupakan masalah-masalahnya sementara itu. Memang, mabuk yang disebabkan oleh alkohol akan membuat kita melupakan banyak hal, namun, alkohol akan melepaskan hormon kortisol dan pada akhirnya hanya akan membuat tubuh dan pikiran kita menjadi sangat tidak nyaman. Tak percaya? Cobalah anda tanyakan pada mereka yang mabuk semalaman, pasti saat bangun tidur kondisi badan dan pikirannya sangat tidak karuan.

Makanan manis layaknya cokelat ataupun permen memang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih nyaman dan menenangkan. Sayangnya, dengan banyak mengkonsumsi cokelat maupun permen, kita justru akan meningkatkan kadar gula dalam darah, insulin, hingga level hormon stress. Selain rasa lapar bisa muncul tanpa henti, tubuh yang semakin gemuk tentu akan memberikan kita stress dalam bentuk yang lainnya.

Baca Juga:  Celana Dalam Juga Bisa Mempengaruhi Kualitas Sperma

Makanan pedas sepertinya akan memberikan efek yang segar dan nyaman bagi tubuh, apalagi jika kita sedang stress. Sayangnya, makanan pedas akan cenderung lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan, apalagi jika sistem metabolisme tubuh sedang melambat karena stress. Konsumsi makanan ini justru hanya akan membuat perut kita akan sangat tidak nyaman.