5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur agar Puasa Lancar

doktersehat makanan yang harus dihindari saat sahur

DokterSehat.Com – Pemenuhan nutrisi harian saat puasa tidak bisa dilakukan seperti hari biasa meski jumlahnya harus tepat. Kita tetap harus memasukkan 2.000-2.500 kkal ke dalam tubuh agar energi tetap terjaga dan tidak gampang lemas serta lapar saat siang hari.

Salah satu cara untuk membuat tubuh tetap fit dan bisa menjalankan puasa dengan lancar, sahur pun di lakukan. Sebelum waktu puasa tiba, kita disarankan untuk menyantap sejumlah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan juga seimbang.

Pentingnya makan sahur untuk kelancaran puasa

Untuk mencukupi kebutuhan harian sebanyak 2.500 kkal untuk pria dewasa dan 2.000 kkal untuk wanita dewasa, kita mungkin memakannya saat berbuka puasa. Kalau makan terlalu banyak saat berbuka, perut akan mengalami gangguan seperti kembung dan juga mulas. Selain itu makan terlalu banyak dalam sekali waktu juga membuat Anda cepat mengantuk.

Agar saat berbuka tidak menjadi masalah serius, sahur harus Anda lakukan setiap harinya. Dengan makan sahur Anda akan membagi energi dengan baik. Saat sahur Anda bisa memasukkan setidaknya separuh energi atau sekitar 1.000-1.250 kkal untuk kebutuhan selama Subuh sampai saat berbuka puasa.

Jumlah kalori yang dibutuhkan saat sahur cukup besar. Meski demikian Anda tidak boleh makan sembarangan. Kalau makan sembarangan Anda bisa jadi lemas di siang hari, dehidrasi, hingga susah tidur seharian.

Makanan yang harus dihindari saat sahur

Kalau Anda ingin melakukan sahur dengan sehat dan bisa memberikan energi yang banyak setiap harinya, hindari makanan-makanan di bawah ini ya!

  1. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana akan mudah diserap oleh tubuh dan biasanya habis dalam jangka waktu 3-4 jam. Kalau kita sahur pukul 03.30, mungkin sekitar pukul 08.00-09.00 perut akan mulai lapar dan Anda tersiksa karena tidak boleh makan hingga waktu berbuka puasa tiba.

Beberapa makanan yang termasuk karbohidrat sederhana adalah gula, tepung putih, mi instan, dan aneka kue baik itu basah atau kering. Hindari makan itu dan perbanyak karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, dan oatmeal.

  1. Makanan terlalu asin

Makanan yang asin memang enak saat disantap dengan nasi. Namun, makanan ini akan memberikan efek yang cukup besar. Saat siang tubuh akan mengalami ketidakseimbangan level sodium. Akibatnya Anda jadi mudah sekali mengalami haus dan kemungkinan terjadi dehidrasi sangat tinggi.

Makanan degan kadar garam tinggi seperti keripik, kerupuk, atau saja yang asin harus dihindari. Perbanyak sayuran dan buah segar yang berserat.

  1. Minuman berkafeina

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan saat sahur adalah minum kopi. Minuman ini mengandung kafeina yang jumlahnya cukup banyak. Anda akan mengalami gangguan susah tidur hingga pusing seharian. Selain itu, kafeina juga memicu rasa haus berlebihan.

  1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Makanan dengan kadar gula tinggi memang memberikan rasa kenyang yang lebih cepat untuk tubuh. Namun, Anda harus menghindarinya saat sahur karena bisa memberikan masalah yang cukup besar. Makanan terlalu manis bisa membuat tubuh semakin gemuk. Selain itu, Anda akan mengantuk seharian kalau kadar gula di dalam darah meningkat.

  1. Makanan yang berminyak dan pedas

Makanan yang berminyak seperti aneka gorengan tidak direkomendasikan saat sahur. Makanan ini mungkin nikmat dan memberikan nafsu makan besar, tapi efeknya bisa sangat berbahaya. Anda bisa sakit perut seharian dan ada kemungkinan kalori yang masuk melebihi batas yang ditentukan. Anda akan sering tidak terkontrol kalau menyantap sesuatu yang pedas dan berminyak.

Nah, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam mempersiapkan makanan sahur dengan baik dan benar ya!