Makanan Diet Sehat

DokterSehat.com – Bingung memilih makanan yang tidak mengganggu program diet Anda? Tak perlu bingung, selama menjalani program diet Anda tinggal memilih makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, tambahkan juga makanan yang bisa membantu proses pembakaran dalam tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu mewujudkan diet sehat Anda:



Kacang-kacangan

Beberapa kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang pecan, dan kacang macadamia mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Kacang-kacangan juga mengandung zat anti oksidan, protein, dan serat yang bisa membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dan mengurangi berat badan. Sebaiknya konsumsi kacang-kacangan yang belum diprosesagar manfaatnya lebih maksimal.

Alpukat

Lemak tak jenuh dalam alpukat sangat mudah dikeluarkan tubuh. Alpukat juga mengandung anti oksidan, vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, alpukat juga mampu memberikan rasa kenyang yang lama sehingga bisa menekan nafsu makan.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, kalsium, dan betakarotin. Zat-zat tersebut mampu mengurangi risiko terserang penyakit. Kandungan serat dalam brokoli juga bisa membuat perut kenyang dalam waktu lama dan melancarkan pencernaan.

Apel

Zat pektin dalam buah apel bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Selain itu, serat dalam buah apel juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Beri

Buah beri merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. Strawberi, blueberry, Raspberry dan goji berry mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh serta mengadung antioksidan untuk menangkal serangan penyakit. Buah beri mengandung serat yang baik untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengontrol gula darah.

Baca Juga:  Antidepresan Alami untuk Megurangi Gejala Depresi