Makanan Dari Bahan Kedelai Ternyata Bisa Mengurangi Penderitaan Selama Menopause

DokterSehat.Com – Salah satu fase yang bisa memberikan kecemasan bagi kaum hawa adalah fase menopause. Fase menopause sendiri menjadi tanda bagi kaum wanita jika tubuh mereka sudah mulai menua dan akan mengalami beragam perubahan, khususnya perubahan hormon. Sayangnya, banyak kaum hawa yang mengaku jika fase menopause bisa mengundang berbagai masalah yang membuatnya menderita layaknya perubahan emosi, organ kewanitaan yang cenderung kering, atau bahkan seringnya tubuh mengeluarkan keringat, khususnya di malam hari. Apakah ada cara agar fase menopause ini tidak memberikan penderitaan bagi kaum hawa?

doktersehat-tahu-kedelai-protein-tempe

Pakar kesehatan yang berasal dari Erasmus Unversity Medical Center di Belanda dan juga Cambridge University di Inggris melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 6.653 kaum hawa dan mencari tahu apakah bahan-bahan alami layaknya makanan atau tanaman herbal bisa memberikan pengaruh besar bagi fase menopause. Hasilnya adalah, sekitar 40 hingga 50 persen wanita mengaku jika bahan-bahan alami ini bisa meringankan gejala menopause pada kaum hawa.

Salah satu jenis makanan atau minuman yang cukup banyak diminati oleh kaum wanita untuk mengatasi efek samping dari menopause adalah yang terbuat dari bahan kedelai. Selain berbentuk makanan atau bahkan semacam suplemen, bahan kedelai ini memiliki kandungan yang disebut sebagai fitoestrogen, semacam senyawa yang memiliki fungsi mirip pada hormon estrogen wanita. Yang menarik adalah, fitoestrogen ini mampu mengatasi masalah sensasi panas pada tubuh yang dialami sebagian besar wanita saat fase menopause yang disebut sebagai hot flashes dan juga masalah organ kewanitaan yang kering.

Untungnya, makanan dengan bahan kedelai cenderung sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tak hanya tempe atau tahu, beberapa makanan atau minuman dari bahan kedelai layaknya edamame atau bahkan susu kedelai sangat mudah dicari dan terasa sangat enak. Kaum hawa pun kini bisa mengatasi penderitaan menopause dengan cara yang mudah.