Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

DokterSehat.Com – Banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi makanan berat sebelum berolahraga. Andai kita melakukannya, perut kita akan beresiko mengalami kram saat melakukan aktivitas fisik. Hanya saja, kadangkala kita merasakan lapar yang luar biasa saat bangun pagi sehingga kita pun ingin mengkonsumsi sesuatu. Agar kita terhindar dari masalah kram saat berolahraga, ada baiknya kita menghindari makanan dan minuman berikut ini sebelum melakukannya.

doktersehat-minuman-soda-kaleng

Sayuran yang kaya serat
Sayuran yang kaya akan serat memang dikenal luas sebagai makanan yang sangat menyehatkan, khususnya bagi saluran pencernaan kita. Namun, banyak pakar olahraga yang tidak merekomendasikan kita untuk memakannya sebelum melakukan aktifitas fisik. Alasannya? Serat akan cenderung dicerna dengan sangat lambat di dalam perut dan andai kita kemudian melakukan olahraga dengan intensitas cukup tinggi, maka proses pencernaan yang sedang mencerna serat akan terganggu dan pada akhirnya memicu munculnya kram.

Makanan berminyak dan junk food
Meskipun terlihat enak, makanan berminyak, junk food, dan juga makanan yang pedas, ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Alasannya? Makanan-makanan ini kaya akan kandungan garam, minyak, dan sesuatu yang pedas sehingga bisa memicu rasa panas dan sakit pada perut.

Makanan kaya protein
Beberapa jenis kacang-kacangan atau makanan kaya protein lainnya ternyata juga tidak baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Layaknya makanan kaya serat, makanan-makanan ini ternyata cukup lama dicerna di dalam usus sehingga andai kita melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, perut akan mengalami sensasi kram layaknya ditusuk-tusuk.

Minuman energi
Jangan mudah percaya dengan iklan minuman energi yang diklaim mampu membantu aktifitas olahraga menjadi lebih baik. Minuman ini biasanya kaya akan kandungan gula sehingga saat berolahraga, kita akan lebih mudah mengalami dehidrasi dan pada akhirnya cepat haus.